Seiring Tumbuhnya Start-up di DIJ

JOGJA – Sejak hadirnya gadget dan smartphone, penjualan komputer atau PC (Perconal Computer) di Indonesia terus mengalami penurunan. Namun kondisi ini diyakini tak berlangsung lama. Menurut Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DPD DIJ, penjualan komputer ataupun PC akan semakin membaik.

“Saat ini pengguna profesional semakin banyak. Dari tahun ke tahun grafiknya terus mengalami kenaikan seiring dengan tumbuhnya start-up baru di Indonesia,” kata Ketua Apkomindo DPD DIJ Dicky Purnawibawa dalam CES 2016 di Jogja Expo Center (JEC), Kamis (27/10).

Dia menjelaskan, berdasarkan data tahunan yang dimiliki Intel, dari tahun ke tahun penjualan PC dan laptop terus mengalami kenaikan. Dibanding tahun lalu, kedua produk IT ini mengalami kenaikan sebesar lima persen.

“Menurut kami angka ini cukup spektakuler. Mengingat pengguna smartphone di Indonesia saat ini juga cukup banyak. Tuntutan pekerjaan menjadi salah satu faktor produk IT ini masih menjadi pilihan utama,” tuturnya.

Dicky menyebutkan, keunggulan utama dari PC ataupun laptop terletak pada segi fungsi dan kapasitas. Dibanding smartphone, PC ataupun laptop dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kantor yang lebih rumit seperti excel atau desain grafis. Selain itu ruang penyimpanan dan speed untuk melakukan browsing juga lebih besar dibanding smartphone.

“Tren yang ada sekarang, smartphone hanya dapat digunakan untuk membantu tugas kantor yang lebih ringan seperti berkirim pesan lewat sosial media ataupun email. Tapi jika harus mendesain dan mengerjakan tugas kantor lainnya,” paparnya.

Oleh karena itu, dalam pameran kali ini dia berharap, penjualan kedua produk IT tersebut dapat meningkatkan. “Kalau untuk angka kami belum bisa menyebutkan. Soalnya target masing-masing toko berbeda. Yang jelas dengan pameran ini kami dapat mengelitik konsumen untuk memperbaharuhi perangkat mereka,” tutupnya. (sce/met/mg1)