Lebih Dekat dengan Istri Cawali dan Cawawali Kota Jogja (3)

Sebagai istri Wali Kota Jogja saat ini, Tri Kirana Muslidatun masih menjalani kesibukannya di beberapa organisasi sosial. Namun, di tengah padatnya jadwal tersebut dia dan suaminya, Haryadi Suyuti, masih menyempatkan menghabiskan waktu bersama anak-anaknya.
VITA WAHYU HARYANTI, Jogja

MENJADI istri Wali Kota Jogja, Ana, sapaannya, sudah tahu kewajibannya untuk ikut mengabdikan diri ke masyarakat.

Termasuk dalam menjalankan tugas-tugasnya dalam organisasi sosial kemasyarakatan. Saat ini Ana menjabat sebagai ketua di 15 organisasi sosial, salah satunya Yayasan Kanker Indonesia Kota Jogja.

Ana mengatakan, dengan majunya kembali sang suami sebagai calon wali kota dia harus menyelesaikan program kerja tahun ini. “Ini merupakan tanggung jawab saya sebagai istri wali kota, sebelum periode kampanye dimulai, program kerja harus selesai terlebih dahulu,” ujarnya ditemui awal pekan kemarin.

Dalam sehari biasanya Ana menghadiri sepuluh sampai sebelas agenda kegiatan. Tentunya hal itu membuatnya jarang berada di rumah. Kendati begitu, Ana mengaku sudah mempunyai cara yang dia terapkan untuk tetap memberikan kasih sayang kepada kedua anaknya. Terutama anak keduanya yang masih duduk di bangku SMP.

“Kegiatan kan mulai dari pagi sampai sore, malamnya setelah Magrib saya harus berada di rumah untuk makan malam bersama keluarga,” ungkapnya.

Sampai sekarang anak kedua Ana, Kartika Zahra Salsabila, masih tidur bersama ibunya. Setiap malam Ana harus menemani Zahra tidur dan mendengarkan cerita-ceritanya selama di sekolah. Ketika pagi datang, Ana juga menyibukkan diri untuk mengurus Zahra menyiapkan kebutuhan sekolahnya, termasuk sarapan.

“Anak-anak kan sudah kehilangan banyak waktu selama kami menjalankan tugas, dengan cara ini saya ingin mereka tidak kehilangan kasih sayang orang tua mereka,” jelasnya.

Berbeda dengan anak pertamanya Karina Arifiani yang sudah beranjak dewasa, dia tidak memerlukan perhatian secara khusus dari sang ibu maupun ayahnya. Hanya, terkadang ketika Karina ingin mendiskusikan sesuatu terkait kegiatannya, dia langsung menelpon Ana.

Selain itu, Ana dan suami juga menyediakan waktu khusus di hari Minggu untuk menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Seperti nonton film di bioskop atau hanya sekadar makan luar.

“Kebetulan saya hobinya nonton film, jadi hari Minggu sudah menjadi jadwal rutin kami untuk pergi ke bioskop,” terangnya.

Ketika sang suami maju kembali dalam pemilihan wali kota, Ana akan terus memberi dukungan penuh. Sebab, program kerja masih harus diteruskan. “Ketika bapak terpilih lagi, kami harus siap menyelesaikan tujuan tersebut yang nantinya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat Jogja selama ini,” katanya.

Memasuki masa kampanye, kesibukan sang suami akan semakin padat. Nah, Ana juga fokus pada kesehatan sang suami.

“Kegiatan yang makin padat akan membuat bapak melupakan jam makannya. Ini juga akan berpengaruh pada stabilitas pikiran. Harus mengingatkan agar tetap jaga kondisi,” ungkap ibu lulusan Psikologi UGM tersebut. (ila/mg1/bersambung)