Lebih Dekat dengan Istri Cawali dan Cawawali Kota Jogja (2)

Tak hanya sibuk menjalankan bisnis kuliner saja. Dewi Murtisary, istri calon wakil wali kota (cawawali) Achmad Fadli, juga memiliki aktivitas padat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Jogja. Jadwalnya kini semakin padat, sebab dia akan total mendukung sang suami. Bahkan dia rela jika harus meninggalkan kegiatannya selama ini.
VITA WAHYU HARYANTI, Sleman

KEGIATAN yang dijalani Dewi, sapaannya, memang cukup padat. Ibu empat anak ini harus mengurusi bisnis kuliner yang sudah dijalankan selama 24 tahun. “Tapi, saya merasa senang. Karena memang hobi memasak,” ujarnya ditemui baru-baru ini di kediamannya di Karanggeneng, Sleman.

Dewi memproduksi produk stik keju yang dipasarkan ke sejumlah toko bakery dan oleh-oleh di Jogjakarta. Tak ingin kualitas produknya menurun, dia masih turun langsung dalam proses pembuatannya.

“Setelah salat subuh biasanya saya mulai membuatnya dibantu beberapa karyawan. Hanya butuh waktu sekitar tiga jam saja untuk membuatnya,” ungkapnya.

Setelah itu, Dewi menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga dengan menyediakan sayur lengkap dengan lauk pauknya untuk suami dan anak-anaknya. Masakan Dewi yang enak membuat suami dan anak-anaknya jarang makan di luar rumah. “Mereka memilih menyantap masakan yang sudah saya siapkan,” tuturnya bangga.

Begitu pekerjaan rumah selesai, Dewi melanjutkan tugasnya sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Jogja. Dia sering mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada anggotanya. Seperti public speaking, senam masal, pemberdayaan perempuan, dan masih banyak lagi.

Selain itu Dewi juga menjabat sebagai Ketua DPC Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia Kota Jogjakarta. Tentunya kegiatan tersebut membuatnya jarang berada di rumah dan mengurangi waktu bersama anak-anaknya.

“Sebenarnya anak-anak tidak pernah protes kalau saya sibuk kegiatan di luar rumah. Mereka sudah besar-besar, jadi lebih sering menghabiskan waktu bersama teman-temannya,” jelasnya.

Tapi, untuk menyiasati waktu, dia dan suaminya biasanya mengajak anak-anak untuk ikut datang memenuhi undangan-undangan kegiatan. “Seperti undangan pernikahan di luar kota. Siapa saja dari mereka yang free biasanya ikut kami,” tuturnya.

Jika sekarang saja aktivitasnya sudah padat, lantas bagaimana jika nanti sang suami terpilih menjadi wakil wali kota? Dewi mengaku akan total memberikan dukungan pada Achmad Fadli yang berpasangan dengan Imam Priyono dalam Pilwali Jogja 2017. Dia mengaku sudah mempersiapkan segala sesuatu. Hanya tinggal menjalankan apa yang sudah berjalan dan dikembangkan sebagaimana mestinya.

“Saya harus siap mendampingi bapak dan otomatis kegiatan organisasi saya di luar itu harus dihentikan dulu. Seorang pemimpin harus mengabdi kepada masyarakat, saya akan mendukung itu,” jelasnya.

Apabila nanti suaminya terpilih, dia meminta agar belahan jiwanya bisa menjalankan peran dengan baik untuk kemajuan Kota Jogja. Selain itu, dia ingin agar sang suami nantinya bisa memberikan motivasi pada anak muda untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

“Agar anak muda di Jogja mampu berkarya dan bermanfaat, baik di lingkup keluarga maupun masyarakat,” ungkapnya. (ila/mg1/bersambung)