PURWOREJO-Upaya pendalaman dan pengejaran yang dilakukan Sat Reskrim Polres Purworejo selama dua bulan membuahkan hasil. Kasus pencurian mobil yang dilaporkan Bambang Ismanto pada tanggal 20 Agustus 2016 akhirnya berhasil diungkap.

Sigit Arman, 35, pelaku pencurian mobil milik Bambang Ismanto di Dusun Teges Desa Tegalsari, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo ditangkap petugas dalam upaya pelariannya di Jakarta. Pengejaran terhadap pelaku dilakukan selama empat hari setelah melakukan penyelidikan hampir dua bulan.

“Kami mencoba mencari jejak pelaku yang diketahui berada di Jakarta. Selama empat hari mengendus keberadaannya, akhirnya kami berhasil menangkap pelaku. Selanjutnya pelaku kita bawa ke Purworejo untuk menjalani proses pemeriksaan,” ujar Kasat Reskrim AKP Kholid Mawardi, kemarin (26/10).

Dari pengakuan pelaku, diketahui jika aksinya dilakukan bersama dengan Iwan Setiawan. Dari hasil penjualan mobil curian itu, Sigit Arman mengaku mendapat bagian Rp 3.000.000.

“Saya hanya diajak Iwan main ke rumah temannya. Tapi di tengah jalan, iwan mengajak saya mengambil mobil L 300 yang sedang diparkir. Saya hanya mengiyakan saja,” ujar Sigit Arman.

Mengaku menyesali perbuatannya, Sigit menyatakan jika uang bagian yang diterimanya telah habis untuk membayar hutang-hutangnya.

Kasat Reskrim Kholid Mawardi menambahkan bahwa pelaku Sigit Arman memiliki catatan kejahatan di kepolisian yakni pernah masuk penjara di tahun 2015 karena kasus penadahan barang hasil curian. “Pelaku ini pernah dipenjara atas kasus penadah curian. Dia ditangkap di Tangerang,” kata Kholid.

Reskrim Polres Purworejo saat ini tengah melakukan pengejaran terhadap otak pencurian atas nama Iwan Setiawan. (udi/ong)