SLEMAN- Tim otomotif Fakultas Teknik Mesin Universitas Gajah Mada memperkenalkan tiga unit prototipe mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang akan dikirim ke ajang kontes mobil hemat energi 2016.

Ketiga prototipe mobil tersebut masing-masing “Semar Proto Diesel” yang berbahan bakar solar, “Semar Proto Electric” berdaya listrik, dan prototipe mobil jenis urban “Semar Urban Gasoline”. Semar Proto Diesel dan Semar Proto Elektric didesain dengan tiga roda. Sedangkan Semar Urban Gasoline beroda empat.

“Prototipe bermesin diesel merupakan pengembangan dari prototype sejenis yang kami buat tahun lalu,” ungkap Laksatiya Wirawan, anggota tim Semar saat memamerkan karyanya di Gedung Pusat UGM kemarin (24/10).

Dikatakan, kelebihan proto diesel terbaru terletak pada bobot bodi yang lebih ringan.Selain itu teknologi mono coque atau tanpa rangka casis dan mesin diesel berkekuatan 210 CC yang mampu menghasilkan tenaga setara dengan 3,5 HP (Hourse Power/Tenaga Kuda).

“Berat bodi proto diesel sebelumnya 48 Kilogram, sedangkan yang baru hanya 8 Kilogram. Karena lebih ringan, bahan bakar lebih hemat,” ujarnya.

Wawan optimistis, karya terbaru kali ini mampu melaju lebih cepat dan dinamis. Terlebih, bodi proto diesel sepenuhnya menggunakan bahan karbon fiber, sehingga jauh lebih ringan dari proto diesel sebelumnya. Dengan kapasitas bahan bakar 100 Milimeter, lanjutnya, proto diesel terbaru mampu menempuh jarak sekali jalan sejauh 12 kilometer. Saat uji coba menghabiskan bahan bakar sekitar 30-45 milimeter, dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam.(sky/yog/mg1)