JOGJA – Ketika berbicara fashion tentu tidak bisa dilepaskan dengan kebutuhan perempuan. Seperti baju, sepatu, atau celana yang sedang tren selalu jadi perhatian. Salah satu fesyen yang dinilai tak lekang oleh zaman adalah kulot.

Fashion blogger Ratri Ayuni Dewi, 22, mengungkapkan, kulot bisa dipakai sehari-hari, baik kulot panjang maupun pendek.

“Celana kulot beberapa bulan lalu sangat booming, sampai sekarang masih mendominasi tren fesyen. Memang kulot ini termasuk busana yang everlasting,” ungkap mahasiswi Pendidikan Teknik Busana Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Ratri mengatakan, jenis kulot tersebut ada bermacam-macam, seperti kulot palazzo, casual, dan denim. “Dari ketiganya, kulot casual lebih mendominasi,” ungkap perempuan yang menggemari dunia fashion sejak duduk di bangku sekolah menengah atas ini.

Dia menjelaskan, celana kulot casual ini bisa dipadupadankan dengan kemeja sifon atau lace bordir. Menurut Ratri, celana kulot banyak digemari karena dapat dipakai di berbagai acara. Misalnya, satu kulot bisa dipakai untuk hang out, kuliah, sampai gala dinner.

“Kadang saya pakai kulot juga untuk pergi ke acara resepsi pernikahan teman, casual tapi tetap sopan,” jelasnya.

Untuk yang berhijab, kulot bisa dipadupadankan dengan atasan kaus panjang polos atau kemeja polos. Untuk pemilihan jenis kerudungnya harus yang bermotif ramai dan colorful. Kebanyakan perempuan yang menggunakan celana kulot akan terlihat jenjang pada bagian kaki karena penggunaannya yang berada di atas pinggang.

Ratri mengatakan, celana kulot ini akan berumur panjang dalam tren fashion masa kini. Selain harga yang terjangkau, celana kulot bisa disesuaikan dengan banyak busana atau atasan lainnya. (cr1/ila/mg1)