SLEMAN – Tiga kali beruntun sampai babak final, tiga kali pula meraih juara. Itulah perjalanan tim futsal putri Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Mereka kembali merengkuh gelar juara Liga Mahasiswa (Lima) futsal tiga kali beruntun setelah mengalahkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) 5-3 di babak final nasional yang digelar di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, UU, Sabtu (22/10). Sementara bagi UNJ final kemarin menjadi ketiga kalinya mereka takluk dari lawan yang sama.

Di babak pertama UPI unggul cepat di menit ke-5 lewat sepakan Dwi. Tertinggal, UNJ berupaya membalas untuk menyamakan skor. Namun upaya Rani dkk sulit menembus pertahanan UPI. Sebaliknya, permainan longgar mereka justru dimanfaatkan UPI untuk menambah skor melalui Milda di menit 14 dan 18. Turun minum UPI memimpin 3-0.

Selepas rehat, tim asal Jakarta itu memulai laga dengan terus memberikan tekanan ke pertahanan UPI. Hasilnya, Rani berhasil menipiskan marjin 3-1 di menit ke-22. Tendangannya tak mampu dihalau kiper tim asal Bandung itu. Namun tak berselang lama, Milda kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat UPI menjauh menjadi 4-1.

Semenit kemudian, Rani kembali menjebol gawang UPI dan membuat skor kembali berubah 4-2, masih untuk keunggulan UPI. Di menit ke-31, Milda berhasil mencatatkan quatrick di laga ini melalui aksi individunya. Dua menit sebelum laga usai, Rani mencetak gol ketiganya. Namun, sampai peluit panjang dibunyikan wasit tidak ada gol tambahan, UPI unggul 5-3.

Di kategori putra, Universitas Sebelas Maret (UNS) harus mengakui keunggulan Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta di babak final dengan kelalahan 1-3. Sempat membuat GOR bergemuruh lewat gol Anwar menit 12, UNS dipaksa bertahan di sisa waktu pertandingan dan kebobolan tiga gol melalui dua gol M.Eki dan Iban Achmad. Gelar juara ini jadi yang pertama bagi UBL setelah sempat gagal di babak final tahun 2015 lalu.

Menjadi pemain yang produktif dan mencetak empat gol di final membuat Milda diganjar penghargaan pemain terbaik Lima Futsal 2016 bersama Iban Achmad dari UBL. Di posisi tiga putri jadi milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mengalahkan Universitas Padjajaran (Unpad) dengan skor telak 6-2. Di bagian putra, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta menempati posisi tiga setelah mengalahkan tim putra Unpad 2-1. (riz/laz/ong)