PURWOREJO – Berharap hasil panen nelayan di tahun mendatang akan lebih melimpah, nelayan Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag, Purworejo, menggelar syukuran sedekah laut kemarin (23/10). Kegiatan dipusatkan di tempat pelelangan ikan (TPI) desa setempat dengan melarung ancak sesaji berisikan satu ekor kambing hidup serta hasil bumi, ayam panggang, bunga tujuh rupa serta emas ke tengah lautan.

Ketua Kelompok Nelayan Langgeng Raharjo Desa Kertojayan Marsono mengatakan, lokasi larung berada satu kilometer dari tepian pantai. Tidak seluruh bawaan yang diusung dibawa ke tengah laut dilarung, namun disisakan dan dibawa ke pinggir untuk diperebutkan warga.

“Sebelum dibawa ke tengah laut, kami awali dengan doa bersama yang dipimpin sesepuh desa,” kata Marsono. Dikatakan jika pelaksanaan larung sesaji memang dilakukan dalam bulan Sura dan telah berjalan sejak zaman nenek moyang. Kegiatan akan selalu terlaksana setiap tahun baik panenan dinilai baik atau tidak.

“Kami tidak melihat hasil panen tahun ini baik atau tidak. Yang jelas setiap bulan Sura kami akan menggelar larungan ini. Dan kami selalu berharap agar Tuhan selalu memberikan rezeki yang berlimpah kepada nelayan kami serta warga desa lain yang yang menggantungkan hidupnya dari laut,” tambahnya.

Adapun pelaksanaannya ditanggung bersama warga desa, tidak hanya Kertojayan namun beberapa desa lain, melalui dana swadaya nelayan. Tercatat ada 165 nelayan yang ada di Desa Kertojayan, Ukirsari, Patutrejo, Harjobinangun, Ketawang dan sebagainya. “Mereka ikhlas menyisihkan sebagian uang hasil tangkapannya untuk menggelar larungan ini,” ungkap Marsono. (udi/laz/ong)