GUNUNGKIDUL – Warga Kecamatan Playen kembali dikejutkan dengan penemuan benda-benda kuno. Kali ini, warga Gedad, Banyusoco, Playen menemukan ribuan koin logam kuno.

Penemu pertama adalah Saridi. Dua minggu lalu, dia membersihkan perkarangan rumah. Tanpa sengaja dia menemukan sejumlah koin dengan lubang di bagian tengah. Benda bulat berlubang itu menyerupai uang kuno dan terdapat tulisan Tiongkok.

Kabar temuan tersebut kemudian menyebar sehingga mengundang anak-anak di wilayah tersebut untuk melakukan pencarian. Hasilnya, dalam waktu dua minggu, koin yang ditemukan mencapai ribuan. Ketika ditimbang beratnya 13,5 kilogram.

Kepala Unit Reskrim Polsek Playen Aiptu Teguh Priyo membenarkan penemuan benda kuno itu. Meski penemuan sudah berlansung sejak dua minggu lalu, Saridi baru melaporkan ke polsek Kamis (20/10).

“Kemudian kami amankan. Untuk memastikan tentang koin-koin ini kami akan berkoordinasi dengan dinas kebudayaan dan kepariwisataan,” kata Teguh kemarin (21/10).

Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Gunungkidul Ristu Raharja belum mendapatkan informasi tersebut. Dia siap memastikan berapa umur koin kuno tersebut.

“Untuk mengetahui apakah peninggalan bersejarah atau berasal dari zaman yang lebih tua lagi. Kami juga akan menggandeng tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jogjakarta,” kata Ristu.

Menurutnya, penemuan benda kuno di Kecamatan Pleyen bukan kali pertama. Sebelumnya, juga ada bangunan purbakala berupa candi di Desa Plembutan atau situs purbakala di Desa Bleberan. (gun/iwa/ong)