MUNGKID – Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang merupakan satu dari enam perguruan tinggi swasta (PTS) yang berhasil masuk kategori penelitian klaster utama. Padahal, jumlah PTS di Jawa Tengah sebanyak PTS). Tentu keberhasilan ini setelah dilakukan penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi.

“Karena itu, para dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang diharapkan mampu meningkatkan kualitas penelitian dan aktif melakukan kajian ilmiah. Harapannya, ini bisa mendukung penilaian kinerja penelitian tersebut,” kata Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UM Magelang Suliswiyadi saat “Sosialisasi Penelitian, Pengabdian, dan Hak Kekayaan InteIektual (HKI), Menghadapi Klaster Utama” bagi 92 dosen UM Magelang, Kamis (20/9).

Ditambahkan Suliswiyadi, kegiatan tersebut diikuti dosen yang memiliki pangkat asisten ahli, lektor, serta lektor kepala. Mereka mendapatkan materi dari tiga nara sumber. Yakni Rektor UM Magelang Ir Eko Muh Widodo MT yang menyampaikan materi Peneguhan Komitmen Institusi, ketua LP3M dengan materi Sosialisasi Klaster Utama, serta ketua Hak Kekayaan InteIektual (HKI), dan Ir Moehamad Aman MT yang menyampaikan materi tentang Sosialisasi HKI.

“Sosialisasi penting disampaikan, khususnya bagi para dosen UM Magelang. Kami berharap bisa mendorong mereka menyiapkan diri dan terlibat dalam penelitian klaster utama melalui skim yang telah ditentukan,” tegasnya.

Ia meneruskan, sosialisasi bertujuan agar para dosen bersiap diri menghadapi tuntutan kualitas penelitian dalam skim klaster utama. Di samping itu, para dosen UM Magelang bersiap mendapatkan hibah penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat (DRPM) Dikti tahun 2017.

“Hibah ini untuk pendanaan 2018 senilai Rp 6 – 10 miliar,” ungkapnya.

Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo mengatakan, UM Magelang komit untuk mendorong laju penelitian yang lebih berbobot. Skim dosen pemula yang tidak masuk dalam penelitian klaster utama akan didanai UM Magelang. “Agar semua mendapatkan porsi yang seimbang,” katanya.(ady/hes)