PURWOREJO – Melibatkan 130 orang dari unsur TNI, masyarakat dan dinas terkait, kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II 2016, Kodim 0708 Purworejo berhasil memperbaiki berbagai fasilitas umum (fasum) di Desa Prapaglor, Pituruh. Secara resmi pelaksanaannya ditutup Dandim Letkol Inf Aswin Kartawijaya di lapangan desa setempat, kemarin (19/10).

Letkol Aswin mengatakan, dalam kegiatan TMMD yang dilaksanakan sejak 20 September itu berhasil membuat jalan rabat beton sepanjang hampir 1 km dan pembuatan saluran air sepanjang 1.400 meter. “Pembangunan jalan memiliki lebar 80 sentimeter dengan ketebalan 12 sentimeter,” katanya.

Beberapa kegiatan sosial juga diberikan kepada warga Prapaglor dengan melibatkan dinas/badan terkait, meliputi penyuluhan bidang pertanian, bidang kamtibmas, hukum dan narkoba, bidang agama, lingkungan hidup, kesehatan, pendidikan dan olahraga, penanggulangan bencana alam, koperasi dan home industri serta kontrasepsi KB.

“Dalam kegiatan sosialisasi juga digelar pemutaran film untuk warga. Dalam pemutaran itu kami menyisipkan aneka pesan kepada masyarakat,” tambah Aswin.

Selain itu, pemenuhan kebutuhan pokok warga juga digelar melalui pasar murah. Dan sebagai upaya penyelamatan akan bahaya banjir juga diberikan 500 bibit pohon jati kepada masyarakat. “Bibit ini bernilai ganda, selain penyelamatan alam sekaligus bernilai ekonomi,” ungkapnya.

Hasil pelaksanaan TMMD diharapkan memberi manfaat warga dan dapat dipergunakan dengan baik. “Dengan baiknya infrastruktur jalan yang dibangun, semoga meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Dandim. (udi/laz/ong)