JOGJA – Jeda kompetisi ISC-B dimanfaatkan PSIM Jogja untuk menggenjot fisik pemainnya. Selama dua pekan tanpa pertandingan menjadi waktu yang ideal bagi tim pendongkrak fisik Pratama Gilang dkk. Hal itu penting, mengingat dua partai kandang berikutnya, biasanya kick off dimulai pukul 14.00, waktu di mana matahari sedang sangat terik.

Setelah diliburkan selama tiga hari, rencananya tim kembali berlatih hari ini (19/10). Pemain akan menggeber fisiknya agar bisa main maksimal di cuaca yang panas selama 90 menit. Pelatih PSIM Jogja Erwan Hendarwanto mengatakan, program latihan fisik berada di bawah bimbingan pelatih fisik Bagyo Irianto.

“Setelah libur, rencananya besok (hari ini, Red) pagi kami akan mulai latihan lagi. Kami akan fokus untuk latihan fisik dulu,” ujar Erwan kepada wartawan kemarin (18/10).

Pelatih asal Magelang ini menyebut, dari latihan fisik itu akan menjadi acuan bagi program latihan taktikal selanjutnya. Jika ternyata kondisi pemain drop usai libur beberapa hari kemarin, maka porsi fisik akan digenjot lebih keras. Selanjutnya jika masalah ketahanan pemain sudah dinilai ideal, barulah untuk menghadapi Perssu dan Persiraja di kandang akan masuk pada skema permainan.

Di samping juga program latihan untuk memperbaiki kelemahan, mulai dari koordinasi pertahanan, finishing dan kreatifitas serangan. “Selain itu juga nanti kami akan agendakan beberapa uji coba untuk melihat sejauh mana progres mereka selama latihan,” jelasnya.

Coach EH juga tidak segan melakukan eksperimen dengan merotasi beberapa pemain. Salah satunya dengan menempatkan Topas Pamungkas sebagai gelandang.

Ia mengharapkan Topas bisa memberikan motivasi bagi para pemain muda lainnya, sehingga grafik permainan terus meningkat. “Kami coba geser dia ke posisi gelandang, agar bisa membimbing rekan-rekannya. Hasilnya kemarin penampilannya cukup lumayan,” tambahnya. (riz/laz/ong)