PURWOREJO – AKP Johan Valentino Nanuru SIK, pejabat Kasatlantas Polres Purworejo yang menggantikan AKP Eko Rubiyanto SIK berjanji akan memberikan pelayanan publik sesuai aturan undang-undang yang ada. Layanan yang diberikan kepada masyarakat akan dilakukan secara transparan.

Hal itu diungkapkan Johan Valentino Nanuru usai mengikuti upacara serah terima jabatan pejabat Kasatlantas di halaman Mapolres Purworejo, kemarin (18/10). Johan yang sebelumnya menjadi Kanit Subdikyasa Ditlantas Polda Jateng menggantikan Eko yang mendapat promosi menjadi Kasatlantas Polres Kudus.

“Pelayanan publik sedang disorot oleh bapak presiden. Dan pelayanan yang dilakukan di Lantas Purworejo akan diberlakukan sesuai undang-undang. Sehingga tidak ada lagi pungutan yang dilakukan calo, anggota atau siapapun lah. Semua kami akan transparan dan akan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Johan.

Membawa moto “lebih antusias, lebih safety dan lebih produktif” Johan mengaku sedikit telah mempelajari karakter jalan di Purworejo. Sebagai jalur selatan nasional yang menjadi jalan utama saat arus mudik maupun baik serta saat long weekend, angka kecelakaan di Kabupaten Purworejo relatif tinggi.

“Saya ingin berkoordinasi dengan instansi terkait. Dengan adanya kerja sama akan menghasilkan rencana yang baik,” ungkapnya.

Harapannya ke depan di jalan-jalan yang selama ini rawan kecelakaan lalu lintas yang fatal atau mengakibatkan korban jiwa, akan terus menurun. “Tentu ini akan membawa dampak yang baik kepada masyarakat. Masyarakat juga bisa baik melewati jalan-jalan di lintas selatan ini,” tambahnya.

Sementara itu Kapolres Purworejo AKBP Satrio Wibowo SIK saat memberikan sambutan mengatakan, Purworejo merupakan titik lelah perjalanan Jakarta-Surabaya melalui lintas selatan. Ditilik dari keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, Purworejo merupakan jalur yang rawan kecelakaan.

“Di sini lalulintasnya padat, utamanya di jalan antara perbatasan Kecamatan Butuh-Kecamatan Kutoarjo hingga Kecamatan Bayan,” kata Kapolres.

Kondisi jalan yang mulus di lokasi itu menjadikan pengemudi memilih berkecepatan tinggi dan lengah. Diingatkan pula di wilayah Kecamatan Bener banyak tikungan dan turunan tajam, sehingga menyebabkan banyak truk/tronton yang melewati kawasan itu mengalami kecelakaan atau gangguan.

Usai upacara sertijab dilakukan resepsi pisah sambut Kasatlantas yang dihadiri tamu undangan dari instansi terkait. Dalam kesempatan itu juga dihibur Punakawan yang dilakoni anggota Satlantas Polres Purworejo. (udi/laz/ong)