PURWOREJO – Meningkatkan kemampuan, kedisiplinan, jiwa korsa dan keterampilan komunikasi dan elemen pendukungnya, sedikitnya 250 anggota Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri di eks-Karesidenan Kedu mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Kinerja di Purworejo, kemarin (16/10). Dibuka Wakapolres Purworejo Kompol Sumaryono, kegiatan ditutup dengan pembaretan anggota yang dilakukan Asissten III Sekda Purworejo Bambang Aryawan.

Ketua Senkom Purworejo Sugiyanto mengatakan, jika peningkatan kapasitas kinerja merupakan program pimpinan pusat yang pelaksanaannya dikoordinasikan di setiap koordinator daerah dalam satu karesidenan. “Keberadaan kami sebagai mitra Polri dan membantu masyarakat mengomunikasikan dengan Polri untuk berbagai masalah permasalahan seperti Kamtibmas, kemanusiaan, bela negara ataupun bantuan bencana,” ujarnya.

Berdiri sejak tahun 2004, keanggotaan Senkom Mitra Polri meliputi banyak unsur, mulai petani, pegawai, pedagang dan lain sebagainya. Satu catatan khusus untuk bisa menjadi anggota adalah mereka memiliki penghasilan mandiri.

“Dari kegiatan ini, kita berusaha meningkatkan kemampuan Senkom Mitra Polri sehigga tercapati sumber daya manusia yang profesional. Di mana akan memantapkan peran dan kemitraan kami dengan stakeholder,” tambahnya.

Bambang Aryawan saat memberikan pembekalan memberikan apresiasi yang tinggi karena keberadaan Senkom telah memberikan kontrbusi nyata dalam program pembangunan. Selama ini, Senkom dinilai telah memberikan informasi yang akurat tentang pengamanan swakarsa di lingkungannya.

“Ke depan penting bagi Senkom untuk melakukan program yang lebih terintegrasi, agar tujuannya lebih terarah agar dapat berkolaborasi atau bekerjasama dengan rencana program pemerintah, baik di tingkat nasional atau daerah,” kata Bambang. (udi/laz/ong)