BANDUNG – Start bagus dibuat Kontingen DIJ di Peparnas XV-2016 di Bandung, Jawa Barat, kemarin (16/10). Di hari pertama pertandingan dan perlombaan, DIJ meraih dua medali perak dan dua perunggu. Medali-medali ini disumbangkan dari cabang atletik.

Dua medali perak masing-masing dipersembahkan Sudartatik dari nomor tolak peluru kategori daksa bawah putri. Sudartatik sukses melakukan tolakan sejauh 6,11 meter. Medali perak lainnya disumbangkan Nurfendi dari nomor 400 meter putra kategori T13.

Sebelumnya Nurfendi juga meraih medali perunggu di nomor lompat jauh putra kategori T13. Satu lagi medali perunggu dipersembahkan Daryoko dari nomor tolak v peluru putra kategori F55.

Juara pertama di kelas ini direbut atlet Sumatera Utara Riadi Saputra dengan lemparan sejauh 27,72 meter. Medali perak untuk atlet Jawa Tengah Wahyudi sejauh 21,56 meter. Sedangkan Daryoko sejauh 21,41 meter.

“Ini hasil yang bagus bagi kontingen DIJ,” kata pelatih atletik DIJ Herlina di sela mendampingi para atlet di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Kontingen DIJ masih berharap cabang atletik bisa menambah pundi-pundi medali. Sebab, masih ada beberapa nomor lagi yang akan dipertandingkan dan diperlombakan.

Nomor-nomor lainnya yang masih bisa diharapkan, di antaranya, dari atlet Sudartatik yang akan turun di nomor lempar cakram dan tolak peluru. Daryoko juga masih akan berlomba lagi di nomor tolak peluru. Sedangkan Nurfendi akan turun di nomor 200 meter.

Daryoko mengaku sedikit terhambat dalam melakukan lemparan di nomor lempar cakram. Itu karena perbedaan cakram yang dipakai saat latihan dan perlombaan. “Ini agak licin. Jadi tidak bisa maksimal,” jelasnya.

Nurfendi juga tidak bisa memaksimalkan diri di nomor 400 meter. Itu karena dia sudah berlomba di pagi harinya di nomor lompat jauh. “Mudah-mudahan di nomor 200 meter bisa maksimal, karena punya cukup waktu istirahat,” jelasnya.

Kemarin, tim tenis kursi roda DIJ juga bertanding di nomor beregu putra dan putri di babak pendahuluan. Di bagian putri yang diperkuat Ditemukan dan Ndaru harus mengakui keunggulan tuan rumah 0-2. Kekalahan juga diderita tim putra usai dikalahkan Papua. (din/laz/ong)