BANDUNG – Sebanyak 33 bendera National Paralimpic Committee (NPC) dari seluruh peserta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas ) XV- 2016 telah dikibarkan di Stadion Siliwangi Bandung, kemarin (14/10). Pengibaran bendera ditandai dengan upacara bendera yang dipimpin Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan. Di stadion inilah hari ini Peparnas akan dibuka oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Seharusnya, bendera yag dipasang adalah 34 buah. Namun, karena NPC Kalimantan Utara (Kaltara) masih bergabung dengan Kalimantan Timur, jumlahnya hanya 33 buah. Bendera-bendera tersebut, termasuk bendera warna ungu dari NPC DIJ akan berkibar hingga berakhirnya pelaksanaan Peparnas XV-2016 pada 25 Oktober mendatang.

“Semoga sukses pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX lalu akan diikuti sukses Peparnas XV-2026 ini. Lampaui keterbatasan, jadilah juara,” pesan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan.

Pembukaan Peparnas sore ini direncanakan disiarkan secara langsung oleh salah satu TV swasta nasional. Menurut rencana dilakukan siaran langsung mulai pukul 15.30. Kontingen DIJ akan mengikuti rangkaian acara pembukaan ini dengan menyertakan atlet untuk mengikuti defile. Mereka akan mengenakan training pack warna biru dengan hiasan lambang Jogjakarta dan gambar Tugu Jogja. Di bagian depan akan ditempatkan dua atlet putra dan putri yang akan mengenakan pakaian khas Jogja.

Sesuai jadwal yang disusun panitia, hingga hari ini belum ada satupun cabang olahraga yang dipertandingkan. Panitia menetapkan pertandingan baru dimulai Minggu (16/10) sesuai dengan venue masing-masing. Karena itu, sejumlah atlet memanfaatkan untuk melakukan persiapan diri. Itu dilakukan di hotel masing-masing, maupun mencoba lapangan yang akan digunakan.

“Secara umum kondisi pasra atlet tidak ada masalah. Meskipun ada laporan beberapa atlet yang mengeluhkan flu ringan,” kata Ketua Kontingen DIJ Rumpis Agus Sudarko.

Dalam pelaksanaan pertandingan nanti, kontingen DIJ dipastikan akan mendapatkan suntikan semangat dan motivasi dari masyarakat Jogja. Ini khususnya dukungan yang datang dari Wakil Gubernur DIJ Paku Alam X.

Paku Alam X dijadwalkan akan ke Bandung untuk menyaksikan sejumlah pertandingan langsung ke lapangan. Tentang kapan waktu dan lokasi yang akan dikunjungi, sampai saat ini masih dalam penyusunan jadwal.

Dukungan serupa dipastikan juga akan datang dari Ketua KONI DIJ GBPH Prabukusumo. Gusti Prabu yang sempat ikut melepas keberangkatan kontingen Rabu (12/10) lalu dipastikan juga memberikan dukungan secara langsung kepada para kontingen DIJ, khususnya para atlet. “Tentang waktunya, masih akan disusun dan disesuaikan dengan kesibukan wakil gubernur dan ketua KONI,” jelas Rumpis. (din/ila/mg2)