Hari Jadi Ke-65 Kabupaten Kulonprogo

KULONPROGO – Peringatan Hari Jadi ke-65 menjadi momen yang tepat untuk mengingat kembali sejarah terbentuknya Kabupaten Kulonprogo, yang tidak terlepas dari peran Sri Sultan HB IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII.

Kabupaten Kulonprogo terbentuk setelah dilakukan penggabungan antara Kabupaten Adikarta (Kadipaten Pakualaman) dengan Kabupaten Kulonprogo (Kasultanan) menjadi Kabupaten Kulonpogo yang beribu kota di Wates.

“Kebesaran jiwa dan keikhlasan beliau berdua yang sepakat menggabungkan dua kabupaten itu pantas menjadi renungan dan suri tauladan,” ucap Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono, kemarin (14/10).

Anton, sapaannya, mengungkapkan, tema yang diangkat kali ini yakni Dengan Hari Jadi Ke-65 Kabupaten Kulonprogo Kita Mantapkan Kemandirian Melalui Peningkatan Daya Saing Daerah. Dengan tema ini sudah sepantasnya disyukuri, karena dengan kerja sama yang baik antara seluruh komponen masyarakat serta aparatur pemerintah daerah telah membuktikan bahwa kinerja Kulonprogo telah meningkat.

“Keberhasilan atau prestasi yang telah kami raih, baik pemerintah maupun masyarakat menjadi bukti kuat nilai kebersamaan itu,” jelasnya.

Karena perlu diketahui bersama, lanjutnya, bahwa kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Kulonprogo saat ini masih jauh dari harapan, hal tersebut dikarenakan masih banyak warga yang hidup dibawah kemiskinan. “Namun kami percaya, bahwa apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Harus bisa mandiri dan berani bersaing,” lanjutnya.

Terkait Pilkada 2017, seluruh warga masyarakat Kulonprogo yang telah memiliki hak pilih diimbau untuk menggunakan hak pilihnya untuk memilih Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada 15 Februari 2017 mendatang.

Menurutnya, dengan suksesnya Pilkada 2017, masyarakat Kulonprogo akan memiliki pemimpin yang sesuai dengan pilihan masyarakat.

“Sehingga ke depannya mampu melaksanakan amanah sesuai dengan tanggung jawab dan mampu menyejahterakan masyarakat Kulonprogo,” harapnya. (tom/ila/mg1)