Ikuti 10 Cabang Olahraga, Targetkan 18 Medali Emas

JOGJA – Kontingen DIJ yang berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV-2016 mendapatkan suntikan moral dari Ketua umum KONI DIJ GBPH Prabukusumo. Kemarin (12/10) Gusti Prabu ikut melepas kontingen di Stasiun Tugu Jogja. Kepada para atlet dia berpesan agar menjaga stamina, agar dalam pertandingan bisa tampil maksimal. Sukses prestasi DIJ di PON lalu diharapkan akan menular ke Peparnas. “Saya yakin target yang ditetapkan bisa terealisasi,” ujarnya.

Ikut mendampingi Gusti Prabu, Kepala Disdikpora Baskara Aji dan sejumlah pejabat lainnya. Baskara Aji berharap para atlet DIJ akan tampil beda saat keberangkatan dan kepulangan. Ketika kepulangan nanti diharapkan akan berkalung medali.

Dalam balutan training pack warna biru, kontingen DIJ tampak gagah. Desain training pack ini dibuat Gusti Prabukusumo. Desain ini untuk warna hijau dipakai kontingen PON, biru untuk Peparnas dan merah nanti akan digunakan untuk PON remaja.

Kontingen DIJ bertolak ke Bandung menggunakan kereta api Argo Wilis. Rombongan terbagi dalam dua gerbong dan berangkat pukul 11.25 dan sampai di Bandung pukul 19.06. Kontingen DIJ berjumlah 100 atlet. Mereka didampingi 50 ofisial yang terdiri atas pelatih, asisten pelatih, dan pendamping atlet.

DIJ akan mengikuti 10 cabang olahraga dan menargetkan bisa meraih 18 medali emas. Ketua kontingen DIJ Rumpis Agus Sudarko optimistis target itu tercapai. “Target ini naik dari Peparnas sebelumnya yang merebut 10 emas,” ujarnya.

Nama-nama seperti Tuwariyah (panahan), Sudartatik (atletik), Untung Subagyo (angkat berat), digadang-gadang akan menjadi penyumbang emas. Dengan persiapan yang matang selama ini, mereka optimistis bisa meraih emas seperti di Peparnas sebelumnya. “Kami siap mengharumkan nama Jogja. Kami juga mohon doa masyarakat Jogja,” ujar Sudartatik. (din/laz/mg1)