PURWOREJO – Taman Edukasi Mangrove (TEM) di Desa Gedagan, Purwodadi, Purworejo, menarik perhatian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Purworejo. Keberadaannya sebagai wahana edukasi didorong semakin baik dan dijadikan sarana pendidikan alam bagi siswa sekolah.

Menggelar capacity building, DWP menjadikan TEM sebagai target sasaran selain Pantai Jatimalang dan wisata hutan mahoni milik Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Nampurejo, Purwodadi. Khusus di TEM, DWP memberikan bantuan spontan uang tunai.

Bantuan diserahkan Ketua DWP Kabupaten Purworejo Sri Yuni Astuti Tri Handoyo kepada Kades Gedangan Supoyo di Sekretariat Kelompok Tani Mangrove Demang Gedi di RT 3 RW 1 Desa Gedangan, Purwodadi.

“Mangrove ini memiliki potensi yang sangat bagus, bahkan tidak kalah dengan wisata mangrove yang ada di daerah lain. Hanya saja masih sangat membutuhkan berbagai fasilitas, termasuk akses menuju lokasi,” kata Sri Yuni.

Penasihat DWP Riri Fatimah Verena Prihastyari yang turut hadir dalam kegiatan itu menyambut positif capacity building yang diprakarsai pengurus DWP. Ini sesuai salah satu rencana program pembangunan Kabupaten Purworejo dalam pemberdayaan potensi desa untuk merintis wisata desa.

“Peran DWP yang memiliki anggota sampai di tingkat desa seperti istri sekdes, sangat tepat untuk ikut andil dalam pengembangan wisata desa. Salah satunya dengan mengenalkan dan mendukung promosinya,” ujar Riri. (udi/laz/mg2)