JOGJA – Seorang pemuda spesialis pencuri kendaraan bermotor asal Ambarketawang, Gamping, Sleman diringkus oleh jajaran Polsek Godean. Dari tangan pelaku diamankan dua sepeda motor hasil curian.

Pelaku bernama Riyan Sugeng Riyadi,26, dibekuk 3 Oktober dikediamannya, setelah sehari sebelumnya melakukan aksi pencurian di kediaman Sarjono, warga Sidoarum, Godean. Dari pencurian itu, pelaku membawa lari sepeda motor Honda Star dengan nomor polisi AB 3431 FQ.

“Ketika itu korban sedang bertani sementara kunci motor masih menggantung di kendaraan,” jelas Kapolsek Godean Kompol Supardi kemarin (12/10).

Merasa kehilangan sepada motor, korban kemudian melakukan penyelidikan hari itu juga. Setelah mendapatkan laporan warga, jajaran reskrim Polsek Godean melakukan penyelidikan dan olah TKP.

Setelah berhasil tertangkap, kepolisian melakukan penyidikan lebih lanjutan. Ternyata dari tidak kejahatan pelaku, terbongkar beberapaa kasus pencurian serupa dan penggelapan mobil rental.

“Hasil dari pengembangan penyidikan diamankan kembali sebuah Honda Vario AB 3431 FQ di kawasan Beran, Godean,” jelasnya.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Godean Iptu Darban menyebut pelaku memiliki sejumlah catatan kejahatan. Termasuk kasus dalam rumah tangga. “Informasi pelaku sudah memiliki istri namun tidak diketahui, ini akan kami kembangkan juga,” jelasnya.

Atas aksi kejahatan yang dilakukan pelaku kini meringkuk di hotel prodeo Polsek Godean. Tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP dengan hukuman penjara maksimal sembilan tahun. (bhn/ong)