KULONPROGO-Hari ini adalah batas terakhir penyerahan perbaikan berkas syarat calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada Kulonprogo 2017. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo akan menunggu hingga batas waktu terakhir penyerahan berkas perbaikan syarat calon, kemarin (11/10)

“Hari ini (11/10) terakhir, kita akan tunggu sampai pukul 24.00. Dan tadi pada pukul 18.09 tim pasangan Hasto Wardoyo -Sutedjo telah menyerahkan semua berkas perbaikan, dan sudah kami nyatakan clear atau lengkap,” kata Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Kulonprogo Tri Mulatsih.Untuk pasangan Zuhadmono – Iriani Pramastuti ditunggu sampi batas akhir pukul 24.00 tadi malam.

Mengenai gelar BRay untuk Iriani Pramastuti, Tri menyatakan, sesuai ketentuan nama yang tercantum dalam kertas suara dan alat peraga kampanye harus sama dengan KTP. “Kabarnya blangko KTP Elektronik habis, kalau seperti itu tentunya harus ada surat keterangan atau rekomendasi. Aturannya tetap disesuaikan dengan undang-undang,”‘ jelasnya.

Hasil verifikasi KPU Kulonprogo terhadap berkas persyaratan calon masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Termasuk gelar Bendoro Raden Ayu (BRAy) yang ada pada nama calon wakil bupati Iriani Pramastuti terancam tidak bisa digunakan karena tidak sesuai dengan KTP.

“Dalam KTP, BRay Iriani Pramastuti tidak memakai gelar bangsawan (BRAy). Sesuai aturan yang ada, nama dalam surat suara dan alat peraga kampanye harus sesuai dengan KTP. Sehingga, yang bersangkutan akan diberikan pilihan. Apakah menghilangkan gelar bangsawan, atau merubah KTP dengan mencantumkan BRAy. Jika direkomendasi saya rasa tidak harus diubah,” ucap Komisioner KPUD Kulonprogo Marwanto.

Perwakilan tim Hasto-Sutedjo Istana menyatakan, perbaikan berkas adilakukan secepatnya. Terlebih sejak awal pendaftaran, tim juga aktif konsultasi dengan KPUD untuk penyempurnaan berkas.

Perwakilan tim Zuhadmono-Iriani, Hendra Ardiyanto menjelaskan, pihaknya akan menanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan perbaikan berkas calon sesuai jadwal yang ditentukan KPU. (tom/din/mg1)