SLEMAN – Kepolisian Daerah (Polda) DIJ menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama sejumlah instansi pemerintah maupun non pemerintah terkait penegakan hukum.

Instansi tersebut antara lain Korem 072/Pamungkas, Pemda DIJ, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) DIJ, BNNP DIJ, Dishub DIJ, Disdikpora DIJ, Satpol PP, PT PLN (Persero) Distribusi Jateng-DIJ, KPBC Tipe Madya Pabean Jogjakarta, Rumah Sakit Ghrasia dan beberapa media elektronika serta radio di DIJ.

Kapolda DIJ Brigjend Pol Prasta Wahyu Hidayat menjelaskan, penandatanganan MoU sebagai bentuk kerja sama menciptakan soliditas antar lembaga dalam melaksanakan tugas. Kerja sama juga sangat penting guna mengatasi permasalahan terutama yang mengarah pada perbuatan tindak pidana. “Kita inginya kerjasama sosialisasi dan penegakan hukum berjalan lancar,” jelas Prasta usai penandatanganan Mou di Gedung Serbaguna Mapolda DIJ kemarin (11/10).

Dia berharap pihak yang terikat dalam kerja sama bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara sungguh-sungguh guna menciptakan keadaan yang kondusif di wilayah DIJ. Kerja sama itu, nantinya akan berlangsung selama dua tahun.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda DIJ Sulistyo memberikan apresiasi atas adanya kerja sama lintas sector ini. Menurutnya, kerja sama berbagai instansi ini bisa menjadi payung bersama dalam mengatasi permasalahan hukum yang terjadi di wilayah DIJ.

Kerja sama ini, untuk memelihara keamanan dan ketertiban di wilayah DIJ. “Tentu saja tujuannya kami harap bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” jelasnya. (bhn/din/mg1)