KULONPROGO – Tidak mau kegilangan gelar kebangsawanannya, bakal calon Wakil Bupati Kulonprogo BRAy Iriani Pramastuti berencana mengubah data kependudukan. Dalam pemeriksaan berkas calon yang dilakukan KPUD Kulonprogo, Kartu Tanda Penduduk (KTP) pasangan Zuhadmono ini tidak tercantum gelar BRAy, sementara sesuai ketetapan, nama calon harus sama dengan data di KTP.

“Saya akan sesuaikan ke kelurahan, kecamatan dan catatan sipil, disesuaikan dengan aturan KPU,” ucap Iriani, sapaan akrab BRay Iriani Pramastuti, kemarin (10/10).

Istri KPH Widjoyo Kusumo ini menjelaskan, gelar BRAy itu sebenarnya sudah melekat karena status dan hubungan keluarga semenjak menjadi istri dari putera KGPAA Paku Alam VIII itu. “BRAy itu sebenarnya melekat kepada saya sebagai istri KPH Widjoyo Kusumo,” jelasnya.

Menurut Iriani, penyesuaian nama gelar BRay ini akan selesai pada masa perbaikan sesuai jadwal yang ditetapkan KPU. KTP baru nantinya akan dicantumkan gelar BRAy. “Untuk antisipasi jika blangko habis di Capil, saya akan meminta surat keterangan sebagai dasar bagi KPU untuk mengakomodasi persyaratan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Disinggung kelengkapan syarat calon pasangannya, Zuhadmono Ashari mengakui tidak ada masalah. Salah satunya untuk melengkapi syarat gelar S2 dari Universitas Sunan Giri di Gresik. “Pak Zuhadmono hanya kurang dari sisi legalisir ijazah saja,” lanjutnya.

Sementara itu, calon bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengaku sudah tidak ada masalah dalam syarat pencalonannya. Hanya ada dua catatan dalam berkas oleh KPU, yakni dua berkas belum ditandatangai, dan sudah diselesaikan kemarin. “Dua berkas sudah saya tandatangani, dan sekarang sudah tidak ada masalah lagi,” ucapnya.

Komisioner KPUD Kulonprogo Marwanto mengatakan pihaknya telah melakukan verifikasi syarat calon. Hasilnya ada beberapa yang masih harus dilengkapi. “Yang kurang paling sedikit Pak Sutedjo,” ucapnya.

Ketua KPU Kulonprogo M Isnaeni menambahkan, sejumlah kekurangan pada persyaratan calon relatif mudah dibenahi, baik oleh pihak pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo maupun Zuhadmono Ashari-BRAy Iriani Pramastuti. “Saya optimistis mereka bisa memenuhi kekurangannya,” tambahnya.

Seperti diketahui, Pilkada Kulonprogo 2017 akan diikuti dua pasangan calon, yakni Hasto Wardoyo-Sutedjo yang diusung PDIP, PAN, P Gokar, PKS, Hanura, dan Nasdem. Satu pasangan lagi, Zuhadmono Ashari-BRAY Iriani Pramastuti, diusung Partai Gerindra, PKB dan Demokrat. (tom/laz/mg2)