JOGJA – Gelaran even akbar Kustomfest 2016 di JOGJA Expo Center (JEC) dibuka Gubernur DIJ Hamengku Buwono X kemarin (8/10). Dalam sambutannya, HB X menegaskan bahwa ajang Kustomfest sangat tepat untuk menjadi ajang kreativitas, kerja keras dan kebersamaan. “Tatap masa depan dengan semangat legenda dan hadapi tantangan untuk perubahan Indonesia,” katanya.

Gubernur sangat mengapresiasi gelaran ini sebagai tempat anak muda berkreasi dan berinovasi. “Kita harus memenangkan kompetisi dengan melahirkan karya yang melegenda dari kearifan lokal,” kata bapak lima puteri yang juga raja Keraton Jogja ini.

Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi menambahkan, bangsa ini punya warisan legenda yang sangat besar. Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit hingga Candi Borobudur dan Prambanan. “Spirit reborn legend akan menambah semangat kaum muda untuk berkreasi,” kata Lulut. Dan atas persetujuan HB X, Jogjakarta mendapat julukan Kota Kustomfest.

Kustomfest 2016 terbukti mampu menyedot perhatian penggemar kustom di Indonesia dan dunia internasional. Ini bisa dilihat dari tingginya tingkat hunian hotel di Kota Jogja menjelang even ini. Para penggemar kustom dari Amerika, Inggris, Jepang, Thailand, Malaysia, Australia dan negara lain berdatangan untuk melihat secara langsung Kustomfest 2016. (sce/rhe/laz/mg2)