Fajar Hariyanti, warga Klitren Lor, Jogja ketika mengurus BPKB di Ditlantas Polda DIJ, Selasa (4/10). (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)
JOGJA – Warga Kota Jogja dan sekitarnya kini semakin mudah ketika akan mengurus Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) untuk kendaraan bermotor yang baru dibeli. Sebab, Direktorat Lalu Lintas Polda DIJ telah meluncurkan program layanan BPKB satu hari jadi untuk pengurusan BPKB kendaraan bermotor baru.

“Tidak sampai dua jam, BPKB baru untuk motor saya sudah jadi,” kata Fajar Hariyanti, warga Klitren Lor, Jogja saat ditemui Radar Jogja Online kantor Ditlantas Polda DIJ, Selasa (4/10).

Ia mengaku kaget ketika mengetahui pengurusan BPKB baru sangat gampang dan cepat. Awalnya, ia mengira mengurus BPKB sangat sulit dan rumit. Ternyata, setelah datang langsung ke kantor Ditlantas tak seperti yang dibayangkan.

“Intinya, kalau mau cepat persyaratan ya harus dilengkapi. Cari informasi ke sini dulu, biar tidak bolak-balik,” terang perempuan yang akrab disapa Yanti ini.

Kasi BPKP Ditlantas Polda DIJ Kompol Suryo Hutomo mengatakan, perbaikan layanan pengurusan layanan BPKB baru ini merupakan program Kapolda DIJ sesuai perintah Kapolri. Ia berharap, perbaikan layanan BPKB satu hari jadi tersebut dapat memuaskan masyarakat.

“Persyaratan lengkap, satu hari BPKB langsung jadi. Bahkan, tidak sampai satu hari sudah jadi dan bisa dibawa pulang,” kata Kasi BPKP Ditlantas Polda DIJ Kompol Suryo Hutomo kepada Radar Jogja Online, Selasa (4/10).

Apa saja persyaratan yang harus dilengkapi? Suryo menerangkan, untuk pengurusan BPKB baru calon pemohon/pemilik kendaraan harus menyertakan sejumlah persyaratan yaitu foto copy KTP/Kartu Keluarga (KK), bukti pembelian kendaraan, faktur pajak, dan bukti pembayaran pajak daerah dan STNK. “Syaratnya tidak sulit kok,” jelas Suryo. (ama/dem)