BANTUL – PT Citra Prasasti Konsorindo (CPK) Cabang Semarang benar-benar merealisasikan saran Komisi C DPRD Bantul. Perusahaan pemenang proyek pembangunan Pasar Angkruksari ini membongkar delapan pondasi cakar ayam. Juga kontruksi pondasi bangunan yang diproyeksikan sebagai kantor pasar.

“Sudah kami bongkar semua kemarin,” tegas Project Manager PT CPK Cabang Semarang Totok Wisnu kemarin (2/10). Bahkan PT CPK bakal membangun dan memasang ulang kontruksi yang dibongkar ini sesegera mungkin.

Totok memperkirakan pemasangan ulang dan pembangunan ulang pondasi dapat dikerjakan hari ini. “Insya Allah besok sudah semua,” ucapnya.

Ia mengaku tak bermasalah dengan bongkar ulang ini. Walaupun penataan pondasi cakar ayam dan pondasi sebelumnya telah dikonsultasikan ke pengawas. “Semua atas pengawasan,” tegasnya.

Totok menguraikan, ada 11 blok bangunan di Pasar Angkruksari. Itu meliputi kantor pasar, los, parkir, dan musala. Progres pembangunannya telah mencapai 20 persen. “Pekan depan sudah menaikkan baja kontruksinya,” ungkapnya.

Dengan progres ini, Totok optimistis proyek pembangunan Pasar Angkruksari selesai tepat waktu. Mengingat, pengerjaan besar tinggal hanya satu. “Menaikkan bajanya,” tambahnya.

Seperti diketahui, Komisi C DPRD Bantul mendapatkan sejumlah temuan di lokasi pembangunan Pasar Angkruksari beberapa waktu lalu. Di antaranya, ketinggian pondasi cakar ayam tidak sesuai spesifikasi.

Ketinggian pondasi kurang sekitar 60 sentimeter. “Lebar pondasi juga 60 sentimeter dari spek 70 sentimeter,” ujar Ketua Komisi C DPRD Bantul Wildan Nafis.

Temuan ini dibantah Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul. Kasi Bangunan dan Gedung DPU Suprapto menilai ada perbedaan persepsi antara Komisi C dan kontraktor. “Kontraktor mengambil ketinggian dari as jalan plus ditambah satu meter,” jelas Suprapto. (zam/laz/ong)