KULONPROGO – Belasan kader dan simpatisan PDIP Lendah dan Galur mendatangi Kantor DPC PDIP Kulonprogo (1/10). Mereka meminta proses Penggantian Antar Waktu (PAW) Ridwan Heri Mahmudi dari Dapil V Lendah dan Galur yang meninggal Jumat (9.9) lalu dilakukan sebaik-baiknya.

Rombongan kader PDIP itu diterima Pengurus PDIP Wakil Ketua Bappilu DPC PDI P Kulonprogo Sigid Hadianta. “Kami meminta PAW dilaksanakan sebaik baiknya,” kata Imam Supii salah satu Kader PDIP dari Lendah-Galur.

PAW jangan sampai merusak citra atau nama baik PDIP. ‘’Penggati pak Ridwan harus sosok yang baik. Kapasitasnya, kemampuannya, kapabilitasnya juga perilakunya,” kata Imam.

Kader PDIP lainnya, Warsana mengungkapkan PAW di Fraksi PDIP DPRD Kulonprogo harus sosok yang dapat menjaga martabat partai. “Apakah dalam PAW ketentuan partai hanya berdasar nomor urut perolehan suara? Tentunya juga harus mempertimbangkan hal-hal lain yang memilik efek baik untuk partai,” ungkap Warsana.

Dalam aksi itu, mereka juga melampirkan kliping koran tentang anggota DPRD Kulonprogo dari Fraksi PDIP periode lalu dalam kasus membawa mobil dinas untuk kegiatan yang dinilai merusak nama baik partai.

Dalam kasus itu, mobil dinas ditangkap polisi karena digunakan untuk mengangkut minuman keras. Polisi menemukan bukti bahwa pelat nomor mobil yang seharusnya pelat merah itu diganti dengan pelat hitam dan nomor palsu.

Ulah anggota DPRD berinisial S itu membuat repot petugas Sekretariat DPRD Kulonprogo. Karena mereka harus mengurus mobil dinas yang ditahan polisi.

Menanggapi aspirasi para kader PDIP Lendah-Galur, Sigid menyatakan, untuk PAW harus dibawa dalam rapat pleno pengurus DPC PDIP. Dia berjanji aspirasi para kader disampaikan dalam rapat pleno tersebut.

“Apa yang mereka sampaikan tentu akan menjadi salah satu pertimbangan partai melakukan PAW Fraksi PDIP. Ini juga menjadi bukti bahwa para kader peduli partai,” kata Sigid.

Dalam perolehan suara PDIP pada Pemilihan Legislatif 2014 di Dapil V Lendah dan Galur suara tertinggi diraih Ridwan Heri Mahmudi. Perolehan suara di bawahnya Sri Murdopo, disusul Sudarsana, Andi Kartaladan Esti Budirahayu.

Untuk PAW di DPRD Kulonprogo, selain Fraksi PDIP, PAW juga akan dilakukan untuk anggota Gerindra dan PAN. (tom/iwa/ong)