KULONPROGO – Komisi Pe-milihan Umum (KPU) Kulon-progo melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pil-kada) 2017 dengan agenda pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon (balon) bu-pati-wakil bupati. Tahapan itu dijadwalkan hari ini, Senin (3/10) dan Selasa (4/10) besok.

Agenda tersebut digelar me-nyusul adanya kepastian dua pasangan peserta yang mendaf-tar di kantor KPU setempat. Ketua KPU Muh Isnaini men-gatakan, pemeriksaan kese-hatan menjadi salah satu syarat wajib setiap peserta pilkada. Sesuai rencana, pe-meriksaan kesehatan dilaku-kan di RSUD Wates.

“Kami telah menunjuk tim dokter khusus untuk pemeriksaan kesehatan peserta pilkada,” kata komisioner KPU asal Hargomulyo, Kokap, Kulon-progo kemarin (2/10).

Dijelaskan, proses peme-riksaan kesehatan diawali penyambutan di lobi barat rumah sakit pada pukul 07.30. Dilanjutnkan pertemuan an-tara perwakilan KPUD, pasangan peserta pilkada, dan pihak RSUD di Ruang Komite Medis.

“Terkait pemeriksaan kese-hatan ini kami juga sudah mengirimkan surat resmi ke-pada masing-masing pasangan calon (paslon) terkait agenda ini. Salah satu yang disyarat-kan masing-masing calon diwajibkan puasa sebelum pemeriksaan kesehatan,” jelas sosok kelahiran Sragen, 8 September 1973.

Sebelumnya, pasangan Has-to Wardoyo – Sutedjo dan Zu-hadmono – BRay Iriani Pra-mastuti menyatakan siap men-jalani seluruh rangkaian pe-meriksaan kesehatan dan ta-hapan pilkada. Mereka memas-tikan untuk mengikuti semua ketentuan dan regulasi yang ditetapkan KPU. (tom/yog/ong)