JOGJA – Kejutan kembali dihadirkan Indonesian Kustom Kulture Festival atau akrab terdengar Kustomfest. Bertempat di Jogja Expo Center (JEC), Kustomfest 2016 mengusung tema Reborn Legend! berlangsung 8-9 Oktober mendatang dengan menampilkan karya industri kustom di Indonesia.

Vice Director Kustomfest Hidayat Prio W mengungkapkan, Kustomfest merupakan dunia industri kreatif. Wujudnya hadir dalam pemilihan tema Reborn Legend. Menurutnya, ini untuk mewujudkan reuni para legenda yang memajukan dunia kustom di Indonesia.

“Tema ini kami pilih karena memiliki pesan yang sangat kuat. Kami melihat potensi kustom kreatif di Indonesia sangat besar. Karya-karya mereka mampu menginspirasi karya kreatif, khususnya di bidang industri seperti ini,” ujarnya saat mengunjungi Kantor Radar Jogja, kemarin (30/9). Mereka diterima Wakil Pemimpin Redaksi Yogi Isti Pujiaji.

Kustomfest 2016 menghadirkan ragam konten menarik. Mulai dari Suryanation Café Racer Day, Honda The Battle of Dream, Royal Enfield Prinstope Carnival, Corvete Paradise, hingga Eiger Ride For Peace. Grup musisi God Bless dipastikan hadir dalam ajang bergengsi ini.

Yayack, sapaannya, mengungkapkan spirit Kustomfest terus berkembang. Kustom kulture sendiri berbicara tentang perpaduan seni dan teknik engineering. Dalam dunia normal, kedua displin ilmu ini bertolak belakang, tapi mampu dikombinasikan dalam Kustomfest.

“Tak ubah seperti fashion tapi menggunakan teknik engineering. Seni itu sendiri sifatnya bebas tapi mampu mengubah mesin lebih indah. Tahun kelima penyelenggaraan Kustomfest mampu membuktikan perpaduan ini,” katanya.

Sama seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, Kustomfest 2016 juga menggelar lucky draw. Pengunjung yang membeli tiket berhak mengikuti undian panitia. Hadiahnya sebuah motor kustom yang diracik Retro Classic Cycles.

Lucky Draw ini merupakan wujud apresiasi terhadap pengunjung. Apalagi tren pengunjung, menurut Yayack, selalu bertambah setiap tahunnya. Tidak hanya pengunjung asal nusantara, beberapa pecinta kustom luar negeri juga terlihat memadati even tahunan ini.

“Antusiasme pengunjung untuk melihat karya para bulder dan pelaku kustom lainnya sangat luar biasa. Di Kustomfest mereka bisa melihat karya-karya kreatif yang menginspirasi. Bagaimana melihat hasil jadi dan proses kreatif dalam Kustomfest 2016,” katanya. (dwi/laz/mg2)