KULONPROGO – Wisatawan yang ingin merayakan malam 1 Syuro di Puncak Suroloyo, Samigaluh harus memilih jalur alternatif selain jalur Boro. Longsor yang terjadi menyebabkab polisi dan warga menutup jalan tersebut karena membahayakan.

“Puncak Suroloyo selalu ramai dikunjungi wisatawan khususnya yang ingin merayakan malam 1 Syuro, karena longsor maka jalur Boro-Puncak Suroloyo kami tutup sementara,” kata Kapolsek Samigaluh AKP Lucy Sri Hartati, kemarin (30/9).

Pengunjung masih bisa ke Puncak Suroloyo melalui jalur alternatif. Yakni dari Perempatan Munggang Wetan ke kiri-Jalur Utama Samigaluh-Totogan ke kanan naik-Menggermalang-Nyemani-Nglambur-Puncak Suroloyo. “Hanya lewat jalur itu yang dinilai aman,” jelas Lucy.

Bencana longsor di Kulonprogo dipicu hujan dengan intensitas tinggi. Sementara daerah rawan longsor di Kulonprogo ada di empat kecamatan. Yakni Samigaluh, Kalibawang, Girimulyo, dan Pengasih. Warga diimbau meningkatkan kewaspadaan ketika hujan turun lebat dengan waktu lama. (tom/iwa/mg1)