JOGJA – Penerbit Emir (Imprint Erlangga) me-launching buku dan talk show “Panduan Sekolah & Madrasah Ramah Anak” (29/9) di Panggung Utama Indonesia International Book Fair 2016, Assembly Hall, Jakarta Convention Center. Narasumber acara ini adalah Dr HM Asrorun Ni’am Sholeh MA (penulis, Ketua KPAI), Prof Dr Euis Sunarti MSi (Guru Besar IPB), dan Dr Seto Mulyadi (pemerhati anak).

Menurut Rizal Pahlevi, Manajaer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, tujuan diadakannya acara ini untuk mengenalkan dan membedah isi buku “Panduan Sekolah & Madrasah Anak” ke masyarakat. Sekaligus memberikan panduan kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan, bagaimana mengelola sekolah yang ramah anak dan lingkungan.

Buku ini menjelaskan tentang “Panduan Sekolah Madrasah Ramah Anak” menurut konsep Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya kuat untuk menjamin dan memenuhi hak-hak dan perlindungan anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab.

Tujuan sekolah ramah anak adalah untuk mewujudkan sekolah yang dapat menjamin dan memenuhi hak-hak dan perlindungan anak Indonesia, hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, UUD 45, UU No 20 Tahun 2002 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan prinsip-prinsip perlindungan anak.

Buku ini disajikan dengan bahasa yang dinamis, kisah-kisah yang disampaikan bersumber dari pengalaman penulis, mengandung hikmah yang dapat menjadi rujukan bagipembaca. Buku ini sangat menginspirasi, tidak hanya bagi orang tua tetapi juga untuk para calon orang tua yang ingin mendidik anaknya secara Islami sejak dini. (sce/laz/mg2)