GUNUNGKIDUL – Hujan deras disertai angin kencang kembali menerjang Gunungkidul. Kali ini, di Kecamatan Purwosari, perbatasan dengan Kabupaten Bantul, rumah warga rusak dan ratusan pohon tumbang.

Kejadian itu berlangsung Kamis (29/9) malam di Desa Girijati. Dalam kejadian tersebut ratusan pohon berbagai jenis dan ukuran roboh. Bahkan dua rumah warga milik Yudiyanto, 62; dan Sutarto, 35, rusak akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Kades Giritirto, Purwosari, Budi Suryono mengataan, selain rumah rusak dan pohon tumbang, aliran listrik ikut padam. “Sesaat setelah kejadian beberapa relawan dan petugas BPBD kerja bakti menyingkirkan material sisa bencana,” ujarnya.

Menurut Budi, angin kencang berlangsung cepat. Diawali cuaca panas, kemudian begitu petang mendadak datang angin kencang. Hanya dalam waktu sekitar 10 menit, sejumlah lokasi di wilayahnya porak poranda.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sutaryono mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Cuaca ekstrem berakibat hujan deras dan angin kencang, sehingga harus diantisipasi.

“Pohon besar dekat rumah sebaiknya ditebang atau dipangkas. Ini harus dilakukan untuk menekan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Sutaryono. (gun/iwa/mg1)