JOGJA – Masyarakat harus waspada dengan berbagai modus kejahatan yang sering terjadi. Salah satu yang sering terjadi yakni modus bertamu untuk kemudian menguras barang pemilik rumah ketika lengah.

Kejadian tersebut menimpa warga di Jalan Gambirsawit, Umbulharjo, Jogja bernama Fitri,36 selasa (27/9) lalu. Akibat kelalaian, sebuah laptop digondol oleh pelaku pencurian bernama Ari, yang ketika itu bermaksud bertamu.

Kanit Reskrim Polsek Umbulhaarjo Iptu Supatno menjelaskan, kejadian bermula ketika Fitri pulang berpergian. Setiba di rumah, korban masuk rumah dan lupa menutup pintu. Ternyata celah ini yang dimanfaatkan oleh pria asal Sukaharjo itu melancarkan aksinya.

Melihat situasi rumah dalam keadaan sepi, pelaku masuk ke dalam kamar korban. Dengan cepat pelaku menggondol laptop seharga Rp 4,5 juta. Saat akan keluar rumah, aksi pelaku terlebih dahulu terlihat oleh korban yang dengan segera meneriaki pelaku.

“Sempat terjadi kejar-kejaran antara warga dan pelaku sejauh hampir satu kilo kemudian tertangkap dan dihakimi massa,” terangnya.

Beruntung, pelaku yang sempat dihakimi massa ini segera diamankan kepolisian.

Supatno menjelaskan, pihaknya tengah mendalami dugaan adanya lokasi lain yang menjadi sasaran pencurian pelaku selama melaksanaan aksi. “Tersangka ini muter-muter tidak ada kejelasan serta tidak membawa identitas,” jelasnya. (bhn/ong)