Terjadi All DIJ di Final Individual Pursuit

CIMAHI—Tim balap sepeda DIJ menunjukkan keperkasaannya di Velodrome Munaip Saleh, Cimahi, Jawa Barat. Itu terjadi di nomor trek yang bergulir kemarin (27/9).

Dari tiga nomor yang memperebutkan emas, tim balap sepeda berhasil menyabet dua. Bahkan, dua pesepeda DIJ harus menjadi rival di babak final individual pursuit 4.000 meter putra.

Momen mengejutkan dibuat dua pesepeda Odie Purnomo Setiawan dan Elan Riyadi yang memaksa all DIJ final untuk mengamankan medali emas. Meski harus bertarung dengan rekan sedaerah, kedua pesepeda sama-sama ingin menjadi yang tercepat. Melalui pertarungan 12 putara, Odie akhirnya membuktikan diri jadi yang tercepat mencapai garis finish dengan catatan waktu 4 menit 59 detik. Sedangkan Elan menyusul dengan catatan waktu 5 menit 05 detik. Odie pun berhak naik ke podium tertinggi. Sedangkan Elan harus puas dengan medali perak.

Sementara medali perunggu menjadi milik Eko Bayu dari Jatim yang berhasil unggul dari Robin Manulang, pembalap asal Kaltim.

Satu medali lagi dikantongi dari nomor team sprint putri dengan duet Dian Sofiatun dan Riska Agustin. Di perebutan medali emas, Dian dan Riska bertemu pasangan asal Jatim, Elga Kharisma dan Crismonita Dwi Putri. Meski tidak diunggulkan karena kalah catatan waktu saat babak penyisihan, pasangan DIJ ini mampu membuktikan jadi yang terbaik.

Duet Dian dan Riska mencatat waktu 49,846 detik. Sedangkan duet Jatim selisih tipis dengan catatan waktu 50,206 detik. Sedangkan medali perunggu diraih duet DKI Jakarta yang berhasil mengalahkan tim tuan rumah, Jabar.

Jejak keberhasilan empat pesepeda DIJ menambah pundi-pundi medali bagi Kontingen DIJ belum diikuti pesepeda lainnya yang berlomba di hari yang sama. Liontin Evangelina yang turun di individual pursuit 3.000 meter putri gagal membawa pulang medali. “Ini sudah hasil maksimal. Semua pembalap benar-benar fokus untuk meraih hasil terbaik,”ujar Pelatih Balap Sepeda DIJ Henri Setiawan.

Setelah tambahan dua medali emas dan satu perak kemarin, tim balap sepeda DIJ masih memiliki peluang untuk menambah pundi-pundi medali Kontingen DIJ dari nomor keirin dan point race yang dijadwalkan akan berlangsung hari ini.(dya/din/mg1)