GUNUNGKIDUL – Bencana angin ribut kembali melanda Gunungkidul. Rumah warga di Padukuhan Pangkah, Desa Candirejo, Kecamatan Semin porak poranda. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun kerugian ditaksir mencapi jutaan rupiah.

Pasangan suami istri (Pasutri) usia lanjut Kasmo Dikromo, 74 dan Tunem, 70, rumahnya rusak diterjang angin kemarin (26/9). Kediaman mereka ambruk rata tanah setelah tersapu angin kencang.

Pada saat kejadian pasangan usia lanjut ini berada di rumah utama, bagian depan, sehingga selamat. Perabotan rumah tangga hancur tertimpa bangunan rumah.

Kades Candirejo Kecamatan Semin, Agus Supriyadi mengatakan, rumah korban sebagian rapuh. Ketika ada angin kencang, tidak kuat menahan dan ambruk. “Bangunan utama masih kokoh, aman dari amukan angin,” kata Agus.

Pasca kejadian, Agus berkomunikasi dengan warga dan tim penanggulangan bencana untuk kerja bakti menyingkirkan bangunan yang hancur. Dia mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Terutama waspada terhadap pohon besar dekat rumah sebaiknya ditebang. Banyak kasus terjadi, rumah rusak akibat pohon tumbang disapu angin,” kata Agus.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sutaryono mengaku sudah mendatangi lokasi dan memberikan bantuan permakanan terhadap korban dan warga yang kerja bakti.

“Dari data kami, belakangan memang sering terjadi bencana angin kencang. Kami meminta masyarakat agar waspada,” kata Sutaryono. (gun/iwa/mg2)