Kasi Dikmas Subdit Dikyasa Ditlantas Polda DIJ Kompol FX Sukidjo saat menyampaikan materi dihadapan siswa SMKN 1 Depok, Sleman, Senin (26/9). (Foto: Ahmad Riyadi/Radar Jogja Online)
SLEMAN – Kegiatan road show go to school PT Jasa Raharja dan Ditlantas Polda DIJ kembali berlanjut, Senin (26/9) kemarin. Kali ini sekolah yang disambangi adalah SMKN 1 Depok, Sleman. Sama seperti di sekolah sebelumnya, para siswa-siswi SMKN 1 Depok mendapatkan pelajaran bagaimana berkendara yang benar, aman, dan tertib berlalu lintas di jalan raya dari Kasi Dikmas Subdit Dikyasa Ditlantas Polda DIJ Kompol FX Sukidjo dan pelajaran prosedur tata cara pengurusan santunan kecelakaan PT Jasa Raharja.

“Bagi yang belum punya SIM jangan nekad mengemudikan sepeda motor/mobil,” pesan Sukidjo saat memberikan materi dihadapan ratusan siswa SMKN 1 Depok, Sleman.

Selain itu, Sukidjo mewanti-wanti kepada pelajar supaya melakukan tiga siap sebelum bepergian dengan kendaraan bermotor. Pertama, siap kendaraan. Maksudnya, sebelum melakukan perjalanan sang pengemudi lebih dulu wajib mengecek kondisi kendaraan yang akan dikendarai. Mulai dari pengecekan ban, gas, lampu penerangan, rem, bahan bakar dan yang lainnya.

Kedua, siapkan fisik. Sebelum mengemudikan kendaraan, pengemudi harus memperhatikan kondisi kesehatan. Pengemudi harus benar-benar sehat dan tidak dalah kondisi sakit atau terpengaruh minuman beralkohol/mabuk. Apabila kondisi pengemudi kurang sehat, Sukidjo menyarankan agar tidak nekad mengemudikan kendaraan. “Kalau sakit ya jangan nekad mengemudi. Sebab, nanti bisa berakibat fatal nanti,” jelasnya.

Terakhir, siap mentaati rambu lalu lintas. Ketika sudah berada di jalan raya pengemudi harus selalu mentaati rambu lalu lintas. Jika lampu traffic light kondisi merah maka jangan nekad jalan terus/menerobos. Begitu pula ketika ada larangan belok kiri maka pengemudi harus mentaati. “Jangan belok kiri terus, nanti bisa tabrakan dengan pengemudi dari arah lain,” ingat Sukidjo. Acara sosialiasi go to school ini juga mendapat dukungan dari Radar Jogja Online. (ama/dem)