KULONPROGO – Warga Indonesia Eks Timor Timur (Timtim) yang tinggal di luar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat perhatian khusus pemerintah. Dana Rp 10 juta siap dikucurkan kepada setiap kepala keluarga, termasuk yang tinggal di DIJ dan Kulonprogo.

Kabid Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kulonprogo Nurhadiyanto mengatakan, di Kulonprogo ada sekitar 48 kepala keluarga eks Timor Timur. Sebagian besar menjadi PNS, TNI/Polri dan swasta.

Sesuai Perpres 25/2016 tentang Pemberian Kompensasi kepada warga Indonesia Bekas Timor Timur yang berdomisili di luar Provinsi NTT, mereka berhak mendapatkan bantuan. “Kami masih melakukan validasi data dari seluruh warga yang ada di Kulonprogo. Paling banyak berprofesi sebagai guru,” kata Nurhadiyanto.

Pemkab membentuk tim untuk mengecek warga yang kemungkinan belum masuk data. Mereka yang lolos validasi yakni mereka yang memang tinggal di wilayah Timtim sebelum jajak pendapat dilakukan.

“Tentu saja harus didukung bukti otentik yang bisa dipertanggungjawabkan. Upaya ini merupakan tindak lanjut perpres yang telah dikeluarkan presiden,” kata Nurhadiyanto.

Ketua Uni Timur Aswain (Untas) DIJ Bernardino Mariano menjelaskan di DIJ ada sekitar 800 kepala keluarga eks Timor Timor yang tersebar di lima kabupaten/kota. Selain Untas, ada sebagian warga yang tergabung dalam Komite Korban Politik Timtim (Kokpit).

“Khusus untuk Untas dari 136 KK yang diajukan hanya 136 yang turun. Sebanyak 83 KK lainnya tidak jelas, verifikasi memang sangat diperlukan agar semua data yang ada bisa di-update,” kata Bernardino.

Menurut dia, bantuan atau kompensasi ini sangat dibutuhkan, mengingat bantuan serupa juga sudah diberikan kepada warga eks Timtim yang tinggal di NTT. Sehingga bagi warga di luar NTT juga perlu diberikan kompensasi yang sama.

“Kami sudah lama menantikan, setiap KK akan mendapat Rp10 juta. Harapan kami validasi bisa cermat. Karena saat keluar kami selamat saja sudah bersyukur dan tidak banyak dokumen yang bisa dibawa,” ujar Bernardino. (tom/iwa/ong)