BAKSO GRATIS: Kapolda DIJ Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat jualan bakso di Taman Parkir Abu Bakar Ali. Warga pun berebut ingin dilayani sang perwira bintang satu itu. (Foto: Setiyaki/Radar Jogja Online)
JOGJA – Kamis (22/9) kemarin menjadi hari tak biasa bagi Kapolda DIJ Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat. Pada pucak HUT Polantas ke-61 tahun, Kapolda DIJ jualan bakso di Taman Parkir Abu Bakar Ali. Masyarakat pun berebut ingin dilayani perwira bintang satu tersebut. Apalagi, bakso buatan kapolda diberikan secara gratis.

“Kapan giliran saya, gantian dong,” kata Yanti, seorang pengunjung.

Selain berjualan bakso, kapolda juga memberikan penghargaan kepada lima anggota polisi dan empat warga sipil. Penghargaan itu diberikan pada saat puncak acara HUT Polantas ke -61 Tahun yang dipusatkan di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Kamis (22/9). Mereka yang mendapatkan penghargaan adalah AKP Subarkah yang berhasil mengungkap kasus perampasan kendaraan roda empat.

Kemudian Brigadir Armida yang sukses mengungkap kasus BPKP dan STNK palsu. Berikutnya adalah Bripka Sudarjo, Aipda Haryanto, dan Bripka Sumarjono. Serta dari masyarakat juga turut mendapatkan penghargaan seperti Purwantono dari Info Kecelakaan dan Kriminalitas Jogja (IKKJ), Logro Aryaguna, dan Paiti serta Nurjito yang turut membantu polisi dalam mengatur lalu lintas di daerah Gamping serta simpang tiga SPBU Bener.

“Kalau personel berprestasi tentunya akan ada reward, tapi sebaliknya ketika mereka melakukan kesalahan atau pelenggaran maka punishment akan kami berikan,” kata Kapolda DIJ Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat didampingi Karo Ops Polda DIJ Kombes Pol Bambang Pristiwanto dan Direktur Lantas Polda DIJ Kombes Pol MH Ritonga, kemarin.

Diusianya yang sudah ke-61, kapolda meminta kepada Polantas untuk bisa lebih dewasa dan bijaksana dalam penegakan lalu lintas. Bahkan Prasta meminta ketika masyarakat melakukan kesalahan kecil tidak perlu untuk langsung ditindak melainkan hanya dinasehati.

Dia pun berpesan kepada masyarakat untuk terus melakukan pengawasan terhadap kinerja kepolisian. Bila ada pungli yang terjadi, dia meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada dirinya.

“Catet namanya sebarkan melalui medsos, pasti akan saya tinda tegas,” jelasnya.

Dalam perayaan HUT Polantas, selain memberikan penghargaan, juga dihadirkan hiburan musik angklung serta membuka Warung Peduli Dhuafa yang disediakan Direktorat Lalu Lintas Polda DIJ.

“Kami sediakan 550 porsi berbagai jajanan di warung ini yang semuanya bisa dinikmati gratis. Sebelumnya ada rangkaian kegiatan lain seperti baksos, Operasi Simpatik September Ramah, donor darah serta penambahan jam pelayanan pengurusan SIM, STNK dan BPKB di sejumlah lokasi,” kata Direktur Ditlantas Polda DIJ, Kombes Pol M.H Ritonga. (bhn/ama/dem)