Pantau Dinamika Warga lewat CCTV, Update Berita Televisi dan Online

Sebuah inovasi harus memiliki manfaat bagi masyarakat. Inilah yang terus dilakukan oleh jajaran Polda DIJ dalam pengembangan pelayanan. Bahkan langkah yang dilakukan telah mendapat apresiasi dari masyarakat dan pemerintah.
BAHANA, Sleman
MARKAS KOMANDO (Mako) Polda DIJ kedatangan tamu spesial Rabu (21/9) lalu. Ya, kantor yang terletak di Jalan Ringroad Utara itu disambangi pejabat dari Kementerian Pendayagunaan Apaaratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Kapolda DIJ Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat menyambut langsung kedatangan Deputi Bidang Pelayanan Kemen PAN-RB Prof Diah Natalisa beserta rombongan. Sesampainya di pelataran Mako Polda DIJ, Prasta langsung mengajak Diah beserta rombongan menuju sebuah ruangan yang terletak di sisi barat lobi Polda DIJ. Ruang itu bernama Posko Program Prioritas Kapolri Promoter.

Dalam ruangan yang cukup luas, tampak sejumlah monitor menyala menempel di dinding-dinding. Monitor itu lebih tepat disebut monitor pantau. Sebab, keperluannya memang untuk memantau dinamika yang ada di masyarakat. Baik berita televisi, media online maupun kondisi titik-titik di DIJ yang terpantau melalui CCTV.

Begitu berada di ruangan, jenderal bintang satu ini memaparkan tayangan yang ada di setiap monitor. Kepada Diah, dia menjelaskan tingkat kepuasan terhadap pelayanan Polda DIJ, pantauan sosial media, keberadaan aplikasi Polisikita, serta pantauan kondisi di daerah.

Yang menarik, saat tengah memberikan keterangan, mendadak sejumlah mata tertuju pada laporan yang masuk ke aplikasi Polisikita yang ada pada layar monitor yang paling besar.

Dalam layar tersebut, tampak seorang pengendara motor tergeletak di Jalan Cendana. Terlihat pula dua kendaraan bermotor yang juga tergeletak. Dengan seketika, monitor yang lain memutar peristiwa kecelakaan yang terjadi di lokasi berkat keberadaan CCTV yang terdapat di sekitar tempat kejadian.

Keadaan ruangan menjadi riuh. Salah seorang polisi yang ada di ruang itu, melalui handy talky di tangan meminta jajaran kepolisian yang ada di lokasi segera bergerak mengamankan peristiwa itu.

Dengan saksama, Diah menyaksikan peristiwa proses evakuasi korban melalui tayangan CCTV. Tidak sampai semenit, setelah laporan masuk ke aplikasi Polisikita, polisi lalu lintas sudah berada di lokasi untuk mengamankan lalu-lintas. Berselang lima menit kemudian, ambulans telah mengevakuasi korban ke rumah sakit.

Diah lantas tersenyum menyaksikan rangkaian evakuasi kecelakaan lalu lintas itu. “Ini aplikasi pelaporan peristiwa langsung. Baru kami yang memliki,” ujar Prasta dengan senyum sumringah.

Setelah menyaksikan inovasi yang dimiliki Polda DIJ dalam memberikan pelayan terhadap publik, Diah memberikan apresiasi positif. “Kami sangat senang karena ini bentuk nyata dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Diah menyebut Kemen PAN-RB selama ini memfokuskan dalam peningkatan kualitas pelayanan dasar publik. Salah satunya adalah pelayanan dasar yang ada di Kepolisian RI. Sebab selama ini komplain dari masyarakat melalui Kemen PAN RB maupun Ombudsman tetang kinerja kepolisian cukup memprihatinkan. Namun, dengan melihat kinerja yang telah dilakukan oleh Polda DIJ, kebutuhan pelayanan dasar publik telah bisa dipenuhi.

“Seharunya apa yang dilakukan Polda dilakukan di tempat lain. Sehingga masyarakat benar-benar bisa diayomi,” jelasnya.

Prasta menjelaskan, kehadiran pejabat kementerian merupakan momentum bagi Polda DIJ untuk meningkatkan statusnya dari B menjadi A. Dengan dinamika yang cukup besar di Jogjakarta, dia berharap menjadikan Polda DIJ tipe A segera terealisasi. “Kami sudah membaca dinamika yang ada di sini dan juga pemecahannya, kami harap realisasinyab bisa tercapai,” tandasnya. (ila/ong)