JOGJA-Pasangan Haryadi Suyuti (HS) dan Heroe Poerwadi (HP) akan mendaftar Jumat (23/9) ini. Mereka mendaftar setelah salat Jumat. Sebelumnya rombongan akan salat Jumat berjamaah di Masjid Syuhada. “Kebetulan kami (HS dan HP) kan muslim, awali segala sesuatu dari masjid,” ujar HS, kemarin (22/9).

HS mengatakan, selain akan diusung oleh Golkar, PAN, PKS, Demokrat, dan Gerindra, pihaknya juga mengajak partai lain yang belum mendukung pasangan calon (paslon) lain untuk bergabung. “Ikhtiar kami bersama untuk membangun Jogja,” ujarnya.

Dalam pendaftaran nanti, HS mengatakan, tidak akan membawa rombongan dalam jumlah yang besar. Pengurus partai pengusung lainnya juga tidak menyiapkan seremoni khusus saat mendaftar. Hal itu, jelas HS, untuk menyesuaikan dengan kondisi Kantor KPU Kota Jogja yang terletak di jalan protokol. “Kami daftar ya daftar saja, kalau ramai-ramai nanti malah mengganggu lalu lintas,” ujarnya.

Terpisah, HP juga mengaku sedang berusaha mengurangi rombongan yang akan ikut mendaftar. “Tanpa mengurangi rasa hormat pada partai dan simpatisan yang mendukung, toh kan juga baru mendaftar,” ujarnya.

Ketua DPD PAN Kota Jogja itu mengatakan, untuk persyaratan pencalonan semua sudah disiapkan. HP mengatakan, pada pendaftaran pilwali kali ini ada perbedaan dari pilkada serentak sebelumnya. Yaitu harus adanya legalisir pada surat kepengurusan partai, mulai dari DPD dan DPW, yang harus ditandatangani pengurus DPP. “Sebelumnya kan tidak, mungkin peraturan baru karena ada sengketa kepengurusan beberapa parpol,” ujarnya. (pra/ila/ong)