SLEMAN – Indonesia Scouts Challenge (ISC) 2015-2016 bersama Antangin Junior Province Championship DI Jogjakarta telah berlalu. Tetapi, kegiatan itu meninggalkan banyak cerita dan kesan mendalam.

Kegiatan selama tiga hari dua malam itu mampu melahirkan banyak cerita semangat Pramuka. Bumi Perkemahan (Buper) Taman Tunas Wiguna Babarsari menjadi para peserta Pramuka ini berkegiatan positif.

Hari pertama (18/9), banyak peserta yang masih terlihat malu-malu. Maklum saja ISC Province Championship DI Jogjakarta mempertemukan para peserta dari seluruh DIJ. Suasana berubah semringah sore harinya. Satu sama lain mulai menyapa bahkan bercanda. “Acaranya menyenangkan bisa bertemu banyak teman,” kata Ketua Regu Putra SDN Kranggan Galur Kulonprogo Haris Jamhari.

Suasana persahabatan yang akrab juga dirasakan Vito Bintang Montela Gio Tama Putra. Ketua regu Elang dari SDN Nglipar 1 Gunungkidul mendapatkan teman baru dari SDN Cebongan Sleman. Ini juga dirasakan oleh anggota regu Elang yang lain.

Pertemuan ini dimanfaatkan untuk bertukar cerita. Terutama cerita-cerita seru di daerah mereka masing-masing. Bahkan saat berkompetisi juga mampu membuat lebih kompetitif dan lebih sehat meraih medali yang ada. “Jadi lebih semangat saat melakoni tantangan di ISC. Apalagi kalau melihat regu lain berhasil merampungkan tantangan. Tidak boleh kalah tapi tetap bersaing dengan sehat,” katanya.

ISC Antangin Junior juga menyajikan aksi para Pramuka Penggalang saat berkemah. Untuk mendirikan sebuah tenda perlu kerja sama yang kuat. Mulai dari memasang patok, simpul hingga tenda berdiri.

Semua anggota regu juga tak mau menganggur. Mereka terlihat menikmati saat regunya memasang tenda. Salah satunya adalah regu putra SDN Krapyak Godean Sleman. Regu ini hadir dengan konsep yang tidak biasa.

Gapura yang mereka susun menyerupai gapura mantenan. Tidak hanya bendara, beragam buah seperti kelapa gading, pisang hingga anyaman janur menjadi gapura andalan mereka. Ini memberi warna tersendiri bahkan mencuri perhatian peserta lainnya. “Sudah disiapkan jauh-jauh hari, khusus untuk ISC Jogjakarta,” kata ketua regu Damar Dewantara. (dwi/din/ong)