SLEMAN – Menurut Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., MA, para mahasiswa harus mampu mengembangkan jiwa entrepeneurship. Dan ini bisa dilakukan tanpa harus menunggu lulus. Semakin cepat dimulai, justru semakin bagus.

Dia menilai wajar apabila saat memulai menemui kendala. Dan ini seharusnya justru menjadi bahan evaluasi dan motivasi untuk berkembang lebih baik. Apalagi di usia muda, masih memiliki banyak waktu untuk mengembangkan sebuah ide.

“Entrepeneurship atau jiwa kewirausahaan wajib dimiliki setiap mahasiswa. Apalagi melihat tantangan ke depan yang semakin berat. “Harus selangkah lebih unggul agar bisa diperhitungkan,” ujarnya di GOR UNY, Minggu (21/8).

Lembaga pendidikan menurutnya wajib membekali mahasiswanya dengan entrepeneurship. Tujuannya agar mahasiswa tidak hanya memenuhi pekerjaan yang tersedia melainkan juga siap menciptakan pekerjaan. Ini tentu akan menjadi iklim positif bagi perekonomian ke depan.

Salah satu yang bisa diwujudkan adalah menyediakan ruang praktik bagi mahasiswa. Pembekalan ini selanjutnya mengajarkan mahasiswa tentang manajemen wirausaha. Ini bertujuan untuk mengimbangi teori yang didapat selama kuliah.(dwi/din/ong)