Pakai Rambut Palsu ke Mall

Posisinya sebagai kepala institusi pemberantasan narkotika di daerah merupakan sosok yang sentral. Karena itu dia perlu menjaga diri untuk keamanan. Selain membawa senjata api untuk berjaga-jaga, Kepala BNNP DIJ Soetarmono beberapa kali menyamar.

Penyamaran dilakukannya terutama saat keluar bersama keluarganya. Sebab dia tidak menginginkan anak istrinya menjadi sasaran sindikat narkotika. Namun, alih-alih menikmati waktu jalan-jalan bersama, dia malah diejek anak-anaknya.

“Saya pernah beberapa kali pakai wig (rambut palsu) di mall. Tapi malah suruh dilepas sama anak saya.Katanya seperti gondes, gondrong ndeso,” katanya saat membuka pelatihan konselor rehabilitasi di LPP Hotel, Demangan, Senin (29/8).

Bapak dua anak itu lalu tidak lagi memakai wig. Termasuk dia juga mulai mengurangi waktu berjalan-jalan dengan keluarga. Menurutnya jika sebatas makan bersama, dia akan langsung menuju tempat tujuan. “Tapi sekarang sudah jarang karena terpisah jarak. Saya di Jogja sementara keluarga di Semarang. Jadinya saya PSSI, pulang Sabtu Senin izin,” ujar mantan Kepala BNNP Jawa Tengah itu tertawa. (riz/din/ong)