JOGJA – Karo Ops Polda DIJ Kombes Pol Bambang Pristiwanto dan Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti melepas peserta Gran Fondo Jawa Pos Prambanan. Even bergengsi tersebut akan menempuh jarak sejauh ratusan kilometer dengan start Alun-Alun Utara kemudian melewati lima kabupati yaitu Bantul, Kulonprogo, Magelang, Sleman, dan Klaten.

Tepat pukul 06.00, para peserta Gran Fondo Jawa Pos Prambanan 2016 sudah menggowes sepedanya masing-masing. Mereka akan melahap tiga pitstop atau perhentian yaitu di Pantai Glagah, Waduk Sermo dan Balai Desa Sumber Rejo sebelum finish di Candi Prambanan. Total jarak yang ditempuh adalah 181 kilometer.

Melihat jauhnya rute yang dilewati, peserta jelas membutuhkan persiapan yang memadai. Walikota Jogja Haryadi Suyuti yang membuka acara dengan mengibarkan bendera start bersama Karo Ops Polda DIJ Kombespol Bambang Pristiwanto memberikan pesan kepada peserta.

“Acara sepedaan ini bukan funbike tapi serius bike. Jadi harus dengan fisik yang prima. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan pariwisata khusunya di Jogjakarta,” kata Haryadi kepada Radar Jogja di Alun-Alun Utara, Sabtu (27/8).

Sepakat dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, bahwa Gran Fondo Jawa Pos Prambanan bukan hanya even olahraga tapi juga memperkenalkan pariwisata. “Yang jelas pesertanya bukan hanya dari Jogja, tapi banyak dari luar kota bahkan mancanegara. Tentu positif untuk meningkatkan kualitas olahraga bersepeda dan edukasi masyarakat,” tandasnya. (riz/dem/ama)