Pihak tuan rumah Persiba Bantul memastikan laga melawan PSS Sleman akan digelar Minggu (31/7). Sebelumnya, laga derby dijadwalkan pada Sabtu (30/7). Namun karena pada hari yang bersamaan juga akan digelar pertandingan antara PSIM Jogja melawan PSIS Semarang, maka PT GTS, selaku operator ISCSeri B, merevisi jadwal
“Jadwal sudah pasti tanggal 31 Juli. Kami masih akan berkoordinasi lagi dengan pihak kepolisian,” kata Manajer Persiba Bantul Endro Sulastomo.

Kemarin sore, Laskar Sultan Agung –julukan Persiba melakukan uji coba melawan Kesebelasan Rajawali di Lapangan Semanu, Wonosari, Gunungkidul. Persiba mampu meraih kemenangan dengan skor 3-1. Tiga gol Persiba dicetak oleh Esa Erviyanto, David Armando, dan Syaiful Aris. Sementara gol dari Rajawali dicetak oleh Riyanto.

Selain untuk mempersiapkan tim, laga tersebut juga untuk menjaring pemain yang sedang mengikuti seleksi di tim Persiba Bantul. Ada enam pemain yang mengikuti seleksi. Satu kiper, satu wing back, dan empat striker. Jajaran pelatih Persiba Bantul usai laga uji coba kontra Rajawali sepakat untuk merekomendasikan tiga pemain yang akan disodorkan kepada manajemen. Tiga pemain yang dinilai layak adalah wing back David Armando, dan dua striker Uko Wahyu dan Syaiful Aris.

Asisten Pelatih Persiba Bantul Muhammad Arifin mengatakan menyerahkan keputusan kepada manajemen. Arifin masih berharap pihak manajemen akan mendatangkan pemain yang kualitasnya lebih dari pemain yang mengikuti seleksi saat ini.

“Dari yang kami pantau, ada tiga pemain yang saat ini layak. Keputusan kami serahkan kepada manajemen,” kata Arifin.

Untuk menghadapi laga melawan PSS Sleman, Arifin mengatakan sudah memiliki strategi baru. Pemain-pemain yang selama ini dicadangkan mengalami peningkatan penampilan yang signifikan. Esa Erviyanto adalah salah satunya, penampilannya di dua laga uji coba kemarin sangat impresif.

“Strategi lawan PSS pastinya sudah ada. Kami tinggal meningkatkan lagi. Apalagi penampilan pemain-pemain yang selama ini dicadangkan juga mengalami peningkatan yang pesat. Jadi, kami memiliki pilihan pemain-pemain yang akan turun di derby,” tandasnya. (cr4/dem)