BAGI orangtua diharapkan bisa mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah nanti. Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X mendorong orang tua juga lebih punya perhatian kepada anak-anaknya.

“Semua anak mulai dari SD, SMP hingga SMA saya harap orangtuanya bisa mengantarkan pada hari pertama masuk sekolah,” tandas HB X ketika ditemui di Kompleks Kepatihan, kemarin (14/7).

Dia berharap orangtua berkesempatan mengantarkan anak-anaknya saat hari pertama masuk sekolah. Ayah lima putri itu mengatakan, perhatian lebih orang tua itu diharapkan bisa menekan tindak kekerasan yang dilakukan anak usia sekolah saat ini. “Saya hanya ingin kekerasan anak SMP itu bisa berkurang,” harapnya.

Meski untuk mendukung anjuran itu, HB X mengaku, belum menyiapkan surat edaran khusus. Termasuk kemungkinan adanya dispensasi bagi PNS yang terlambat masuk kerja karena mengantarkan anaknya masuk sekolah. “Kan sekolah masuk pukul 07.00, masuk kerja 07.30, sekolahnya juga di Jogja, habis nganter bisa masuk kerja,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIJ Agus Supriyanto mengisyaratkan PNS yang mengantarkan anaknya masuk sekolah pada hari pertama akan diizinkan. Sebelumnya harus melaporkan ke kepala SKPD dulu. “Tapi tidak seharian dan lapor kepala dinas dulu,” tuturnya.

Izin ini dikeluarkan guna merespons surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan yang mengimbau orang tua wajib mendampingi anaknya hingga ke dalam kelas dihari pertama masuk sekolah. Sekolah diminta mengadakan pertemuan antara orang tua, sekolah, dan siswa di jam pertama sekolah. (pra/ila/ong)