Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan. Penyakit mengerikan yang membunuh lebih dari 1 juta jiwa setiap tahunnya. Di Indonesia, ada begitu banyak tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kanker. Terutama untuk bisa memberikan kekuatan melawan kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut jenis tumbuhan yang bisa membunuh sel kanker secara perlahan, seperti dilansir laman Care2,

1. Mengurangi kanker prostat dengan biji rami

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa lignan yang terdapat dalam biji rami bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat. Peneliti menjalankan studi yang diikuti ribuan wanita didiagnosa menderita kanker payudara. Mereka menemukan bahwa lignan mungkin memainkan peran penting dalam mengurangi semua penyebab dan mortalitas kanker tertentu dari pasien dioperasi karena kanker payudara.

2. Tomat rendah risiko kanker

Risiko kanker payudara juga bisa dikurangi dengan tomat karena mereka kaya akan karotenoid (alpha-carotene, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, lycopene, dan jumlah karotenoid) seperti yang ditunjukkan penelitian dalam Journal of National Cancer Institute.

Sebuah studi menunjukkan risiko kanker prostat berkurang untuk pria yang makan lebih dari 10 porsi tomat atau produk tomat per minggu. Tomat bisa mengurangi risiko kanker prostat sebesar 18 persen dibandingkan dengan pria yang makan kurang dari 10 tomat.

3. Alpukat membantu melawan sel kanker

Glutathione yang terkandung dalam alpukat bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker. Para peneliti di Ohio State University menemukan nutrisi dalam alpukat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel pra-kanker yang menyebabkan kanker mulut. Molekul dalam alpukat telah ditemukan untuk menyerang sel-sel induk leukemia langsung.

4. Bawang putih

Risiko kanker paru menurun bagi peserta penelitian yang makan bawang putih mentah dua kali atau lebih dalam seminggu. Ini menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research.

Para peneliti juga menemukan bahwa bahkan perokok yang makan bawang putih mentah mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sekitar 30 persen. Bawang putih sebagai sayuran allium, telah ditemukan dalam studi untuk melindungi lambung dan usus besar.

5. Kacang-kacangan

Risiko kanker prostat ditemukan lebih rendah dalam studi enam tahun di lebih dari 14.000 laki-laki yang tinggal di States. Mereka dengan asupan tertinggi kacang-kacangan (kacang-kacangan, lentil atau kacang polong split) memiliki risiko jauh lebih rendah dari kanker prostat

6. Sayuran silangan (brokoli, kubis, Brussels Sprouts) bantu mencegah kanker

Sayuran silangan telah terbukti menurunkan risiko kanker secara keseluruhan menurut penelitian di Oregon State University. Sayuran ini telah ditemukan untuk membantu menghambat dan mengatur gen penyebab kanker, menurut penelitian di University of Alabama di Birmingham.(fny/jpnn)