SLEMAN-Datangnya musim penghujan, membuat banyak infrastruktur di Sleman terdampak. Hal ini membuat Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman (DPUP) Sleman, Mirza Anfanzury meminta kepada masyrakat untuk berperan aktif. Guna memberikan laporan adanya kerusakan jalan di sekitar lingkungan mereka.

“Terutama, jalan yang dikelola oleh pemkab,” katanya, kemarin.

Menurut Mirza, saat ini banyak ruas jalan yang rusak di Sleman akibat masa-masa musim penghujan tahun ini. Selain itu kerusakan juga bisa dikarenakan faktor usia dan dilewati kendaraan yang melebihi tonase.

“Memang ada keterbatasan SDM dari kami sehingga tidak semua jalan yang rusak dapat diketahui dinas,” tuturnya.

Dia menjelaskan pemeliharaan rutin selalu dilakukan terhadap jalan-jalan yang rusak. Di mana target pemelihataan jalan tahun ini mencapai 400 kilometer dengan total anggaran mencapai Rp 37 miliar.

“Namun realisasinya, selalu melebihi dari target yang ditentukan,” jelasnya.

Kerusakan akibat hujan seperti terjadi di Jalan Damai, tepatnya di depan Gereja Dayu, Sleman. Berkat laporan masyarakat dua titik lubang sekitar sedalam hampir setengah meter tersebut kini sudah ditindaklanjuti dengan penambalan aspal.

“Kami berharap warga ikut melaporkan jika mengetahui ada jalan yang amblong atau rusak. Setiap ada laporan langsung kami tindaklanjuti,” tandasnya. (bhn/dem)