BUDI AGUNG/RADAR JOGJA
LANGSUNG : Kepala Desa Kaligono Suroto berdialog langsung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui teleconference, kemarin.

Kaligoro Ditantang Buat Website, Biaya Akan Ditanggung Gubernur

Sejumlah kepala desa di Purworejo memanfaatkan kesempatan langka bisa berkomunikasi langsung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Apa yang mereka sampaikan?
Budi Agung, Purworejo
Ya, berkomunikasi langsung dengan gubernur adalah sebuah kesempatan langka bagi masyarakat yang jauh dari pusat
pemerintahan provinsi. Mereka yang berada di pelosok-pelosok desa pun bukan masalah lagi.

Namun, dengan bantuan teknologi komunikasi, jarak bukan menjadi kendala. Bahkan komunikasi bisa dilakukan secara langsung. Tidak hanya suara, tetapi juga bertatap buka. Itu pula yang dilakukan dari Desa Kaligono yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kaligesing. Desa ini salah satu desa wisata unggulan di Kabupaten Purworejo.

Karena itu, tidak salah jika panitia musyawarah perencanaan pembangunan wilayah (musrenbangwil) se-eks Karesidenan Kedu memilih desa ini untuk bisa berhubungan langsung dengan gubernur Jawa Tengah.

Kepala Desa Kaligono Suroto langsung berbincang dengan Ganjar Pranowo yang berada di Pendopo Kabupaten Purworejo bersama sejumlah kepala daerah se-Eks Karesidenan Kedu. Sementara Suroto dan muspika sertamasyarakat berada di balai desa setempat.

Kesempatan berbicara langsung dengan gubernur ini dimanfaatkan Suroto untuk menyampaikan uneg-uneg, usulan dan keluhan. Di antara usulannya adalah pembangunan
rumah tidak layak huni sebanyak 110 kepala keluarga, peningkatan jalan sepanjang total 2.730 meter di sejumlah tempat, serta kemudahan akses siaran TVRI Stasiun Semarang. “Soal pembangunan rumah tidak layak huni pak gubernur menawar bagaimana kalau yang dibantu 10 rumah saja. Jelas saya tolak karena bisa menimbulkan kecemburuan di masyarakat,” kata Suroto.

Masalah lain yang membuat Suroto senang adalah pertanyaan mengenai ketersediaan website desa untuk mendukung keberadaan objek wisata dan UMKM. Adanya website dinilai akan banyak membantu peningkatan promosi wisata dan tingkat penjualan produk-produk UMKM masyarakat. “Kami ditantang untuk bisa segera mengajukan konsep website-nya. Dalam dua minggu, kami diminta sudah ada hasilnya dan biaya pembuatannya akan ditanggung beliau,” ungkap Suroto.

Kepala Telkom Purworejo Sabar S menyatakan bahwa Desa Kaligono akan segera ditetapkan sebagai Rintisan Kampung Digital. Beberapa fasilitas yang diberikan antara lain adanya unit wifi yang ditempatkan di balai desa. “Fasilitas ini bisa diakses langsung oleh masyarakat dalam radius 50
meter. Nantinya akan ditambah beberapa titik unit wifi, utamanya di objek-objek wisata di Desa Kaligono,” kata Sabar.

Banyak keuntungan yang diperoleh dari adanya fasilitas wifi tersebut. Antara lain adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai promosi dan penjualan produk UMKM melalui internet. (din/ong)