JAKARTA–Penggunaan bunga dalam makanan sangat populer di era Victoria dan kini tren tersebut kembali muncul di dunia kuliner. Bunga tidak hanya tenar dengan estetikanya tapi juga bisa dijadikan bagian penting yang bisa menambah rasa menu makanan.

Sebelum mengonsumsi bunga-bunga, anda perlu menimbang bahwa yang boleh dimakan hanya yang dikenal dan telah tumbuh tanpa pestisida. Bagian bunga yang bisa dimakan hanya kelopak, tidak benang sari atau filamen. Jika Anda rentan terhadap alergi, maka makan sedikit pada awalnya dan hati-hati. (fny/jpnn)

Berikut ini beberapa bunga yang bisa dimakan, seperti dilansir laman India Times, Selasa (2/2).

Roses

Rose/mawar memiliki tempat khusus pada pengobatan tradisional India dan Tiongkok. Mawar mengandung fenolat yang diyakini memiliki sifat anti-inflamasi. Roses kaya vitamin dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Hibiscus

Sering digunakan sebagai hiasan salad, kembang sepatu atau hibiscus juga digunakan untuk menyeduh teh. Diketahui mengandung anthocyanin dan antioksidan, untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Marigold

Dikenal sebagai Genda phool di India, marigold digunakan oleh orang Tiongkok untuk membuat teh. Bunga ini juga digunakan secara topikal untuk menyembuhkan luka. Bunga ini sarat dengan lutein pigmen yang dikenal sebagai vitamin mata karena membantu mencegah penyakit mata

Bunga Mint

Bunga mint umumnya digunakan untuk melancarkan pencernaan, melawan mual dan sakit kepala dan membantu penurunan berat badan.

Bunga Pisang

Juga dikenal sebagai hati pisang, bunga keunguan-merah marun ini bisa dimakan mentah atau dimasak. Bunga pisang kaya serat, protein dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, besi, tembaga dan magnesium.

Bunga Cilantro

Ketumbar (kotmir) memiliki rasa berumput yang sama seperti daun. Cilantro harus digunakan segera atau rasa mereka akan memudar.

Bunga Jahe

Bunga putih ini memiliki rasa dan aroma jahe yang kuat. Jenis ini digunakan dalam minyak aromaterapi dan bisa dimakan mentah atau dimasak.

Bunga Fennel

Bunga adas (saunf) memiliki rasa yang pedas serta kaya akan antioksidan. Umumnya digunakan dalam pengobatan herbal.

Bunga Lobak

Bunga lobak berwarna merah muda, putih atau kuning. Bunga ini bisa membantu mencegah kanker dan mengobati masalah seperti penyakit kuning dan masalah kencing.

Squash / labu bunga

Dikenal sebagai kadu dalam bahasa Hindi, bunga ini memiliki rasa yang sangat ringan dan bisa di campur dengan bumbu dan rempah-rempah. Selain rendah kalori, juga tinggi kalsium, besi , vitamin A dan C.

Bunga Apel

Bunga apel paling populer di kalangan bunga yang bisa dimakan, meskipun manfaatnya tidak diketahui. Bunga ini seharusnya hanya dikonsumsi dalam jumlah kecil. Terlalu banyak bisa menjadi racun.

Bunga Lavender

Bunga yang harum ini digunakan untuk rasa es krim dan yogurt. Namun, juga bertindak sebagai antiseptik dan bisa digunakan untuk menyingkirkan ketombe.